SOLOPOS.COM - Moh. Alfariji mahasiswa ITNY sarat prestasi (istimewa)

Solopos.com, SOLO--Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Moh. Alfariji meraih prestasi membanggkan di kancah nasional. Mahasiswa
Teknik Geologi itu berhasil menjadi Juara II dalam lomba karya tulis ilmiah nasional.

Moh. Alfariji bersama dua rekannya, Vilman Sidik dan Agung Nugroho sukses menjadi salah satu pemenang di ajang “Borneo Geological Event (Neogen) Competition” yang diselenggarakan Program Studi Teknik Geologi Universitas Mulawarman, Kalimantan, yang digelara pada 20 Oktober–4 Desember 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berbagai lomba telah saya ikuti saat pandemi Covid-19, namun hanya sebatas menjadi finalis 10 besar. Kesungguhan dalam mencetak prestasi di saat kuliah, saya harap bisa memberikan solusi dan manfaat untuk orang lain sebagai bentuk riil mahasiswa sebagai agen perubahan,” ujar Alfariji dalam rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (6/12/2020).

Borneo Geological Event 2020 (Neogen 1.0) adalah salah satu acara competition yang diselenggarakan oleh Teknik Geologi Universitas Mulawarman. Event ini diadakan pada 20 Oktober- 4 Desember 2020 secara daring dengan beberapa cabang perlombaan yaitu paper competition, poster competition dan  photo competition.

Pasien Positif Covid-19 Tetap Bisa Nyoblos Pada Pilkada Solo 2020, Begini Alurnya

Acara ini mengusung tema “Geoscience Research for the Development of Indonesia New Capital dengan 7 sub tema pilihan. Moh. Alfariji selaku ketua Tim dari Teknik Geologi ITNY dan dua temannya Vilman Sidik dan Agung Nugroho mengangkat sub tema Remote Sensing dan GIS.

Sementara Juara I diraih oleh Tim ITB dan juara III diraih oleh UPN Veteran Yogyakarta. Di ajang “Borneo Geological Event (Neogen) Competition”, Moh. Alfariji dan kawan-kawan meraih posisi ke-2 setelah mengungguli lebih dari 30 tim yang berasal dari 14 PTN dan PTS se-Indonesia.

Selain ITNY, peserta yang mengikuti antara lain ITB, UPN, UGM, UI, Universitas Pertamina, Universitas Jambi, ITERA, Univ. Diponegoro, Universitas Hasanudin, Universitas Mulawarman, UNILA, Universitas Trisakti, dan Universitas Sriwijaya.

“Moh. Alfariji tercatat memiliki segudang prestasi setiap tahun, terutama menjadi penulis karya ilmiah yang sangat disukai dan dipahami sejak awal kuliahnya pada tahun 2017,” kata Kepala Bagian Kemahasiswaan ITNY Rizqi Muhammad Mahbub.

Kreatif dan Inovatif

Sebelumnya, Moh. Alfariji juga meraih Juara III lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diadakan oleh Universitas Brawijaya pada November 2020. Brawijaya Event Of Competition and Exhibition For Geoscientist 2020 (Bravo Geo) adalah salah satu acara kompetisi yang diselenggarakan oleh AAPG UB SC dan SM-IAGI UB SC Universitas Brawijaya.

Event yang diadakan pada 8 Oktober-27 November 2020 secara daring ini mengusung tema "The Role of Geoscientist In Sustainable National Development" dengan beberapa sub tema yaitu oil & gas, mining, conventional/unconventional Renewable Energy dan mitigasi.

Belanja Tanaman Hias Secara Online, Yuk Perhatikan Tips Berikut

Seluruh peserta lomba ditantang mampu berpikir kreatif dan inovatif mengenai suatu permasalahan ataupun topik yang dibawakan dalam bentuk karya ilmiah. Moh. Alfariji selaku ketua TIM dari Teknik Geologi ITNY yang beranggotakan Agung Nugroho waktu itu meraih juara III dengan mengangkat dan menganalisa di bidang sub tema mining.

Sementara Juara I diraih oleh UPN Veteran Yogyakarta dan Juara II diraih oleh Universitas Padjajaran. Acara ini di ikuti oleh 12 Tim dari 7 institusi yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, UPN Jogja dan ITNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya