SOLOPOS.COM - Angelina Jolie. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Untuk kali pertama aktris Angelina Jolie bikin akun Instagram dan langsung curhat tentang Afganistan pada 20 Agustus 2021 lalu. Menyertai unggahannya itu, si pemeran Salt ini membagikan foto-foto yang salah satunya berisi sepucuk surat dari seorang gadis remaja di Afghanistan.

Angelina Jolie juga mengunggah foto beberapa orang perempuan yang menghadap ke belakang menyertai curhatnya soal Afganistan itu. Berdasarkan pantauan Solopos.com di akun Instagram @angelinajolie pada Jumat (27/8/2021) hanya ada tiga unggahan di akun itu.

Promosi Perjalanan Uang Logam di Indonesia dari Gobog hingga Koin Edisi Khusus

“Saat ini, masyarakat Afghanistan kehilangan kemampuan mereka untuk berkomunikasi melalui media sosial dan mengekspresikan diri mereka dengan bebas. Jadi aku menggunakan Instagram, untuk membagikan kisah mereka dan menyuarakan ke seluruh dunia yang berjuang untuk hak asasi mereka,” tulis Angelina Jolie.

Sedangkan di unggahan kedua, Angelina Jolie curhat soal banyaknya orang kehilangan tempat tinggal mereka lantaran perang dan konflik yang terjadi di negara mereka seperti yang terjadi di Afganistan dan Ethiophia. “Sekarang, 1% dari seluruh populasi dunia yaitu 82,4 juta orang kehilangan tempat tinggal mereka. Angka ini  mendekati dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dekade sebelumnya,” tulis pemeran Tomb Raider ini di Instagram miliknya @angelinajolie, Jumat (27/8/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Minum Susu Sebulan Bisa Bersihkan Paru-Paru Perokok? Ini Penjelasannya

Sedangkan di unggahan ketiga, Angelina Jolie juga masih curhat soal perempuan Afganistan. Menyertai unggahan ini, sang artis Hollywood ini menyertakan foto-foto perempuan Afganistan yang telah dikaburkan untuk menutupi identitas mereka.

“Aku percaya tidak ada perempuan yang harus dipaksa menyembunyikan dirinya, tapi untuk keamanan, BBC memutuskan untuk memburamkan gambar mereka untuk melindungi identitas mereka,” tulis Jolie di laman Instagramnya, Kamis (26/8/2021). Jolie mengunggah video editorial BBC yang menampilkan tentang generasi muda di Afghanistan. Generasi yang masa depannya tidak pasti sejak pendudukan kembali Taliban di Afghanistan.

“Ini video yang aku buat bersama dengan rekan BBC @YaldaHakim untuk @BBCWorldService dan @BBCNews yang pertama dan ada banyak lagi, aku harap,” tulis bintang film Eternals ini.

Jolie memang bukan jurnalis, tetapi hasratnya selalu ingin mengangkat isu-isu yang berhubungan dengan generasi muda. Video yang dibuatnya menampilkan generasi muda berusia di bawah 25 tahun yang terjebak dalam konflik global. “Kami harap dengan video ini, kami akan menghubungkan generasi muda satu sama lain dan kisah-kisah besar yang mempengaruhi mereka,” tulis mantan istri Brad Pitt ini. Sejak membuat akun Instagram, Jolie memang khusus mendedikasikan untuk menyuarakan suara perempuan Afghanistan.

Baca Juga: Bisa Positif Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Begini Penjelasan Dokter

Taliban kembali berkuasa setelah merebut sejumlah kota termasuk Kabul. Kembalinya Taliban dalam waktu cepat setelah Amerika Serikat dan sekutunya menarik pasukan pulang. Kejadian ini membuat warga Afghanistan bergegas meninggalkan Kabul. Angelina Jolie merasa miris melihat ketakutan dan ketidakpastian yang kembali terjadi di sana. “Sungguh memuakkan melihat warga Afghanistan terlantar lagi karena ketakutan dan ketidakpastian yang telah mencengkeram negara mereka,” tulisnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya