SOLOPOS.COM - Bgreds, fans Liverpool asli Indonesia (Istimewa)

Bgreds, fans Liverpool asli Indonesia (Istimewa)

Bgreds, fans Liverpool asli Indonesia (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Pasti ada alasan kuat bagi klub sepak bola sekaliber Liverpool mengunjungi Indonesia. Salah satunya, tentu saja, jumlah fans atau supporter yang ada di negeri ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Liverpudlian, sebutan bagi supporter kesebelasan Liverpool di Indonesia ternyata jumlahnya juga tak kalah banyak dengan penggemar klub sepak bola lainnya seperti Manchester United, Arsenal, Inter Milan, AC Milan, Barcelona, Real Madrid dan sebagainya.

Bahkan Liverpudlian Indonesia, dikenal sebagai kelompok supporter yang fanatik. Saking fanatiknya mereka, Liverpudlian di Indonesia bahkan telah memiliki kelompok atau boleh disebut sebagai organisasi tersendiri yang mereka beri nama Bigreds.

Dari berbagai sumber yang diperoleh Solopos.com, Bigreds pertama kali lahir di Bandung, 28 Desember 1999.

Bigreds merupakan singkatan dari Bold Indonesia Group of Red’s Supporters. Uniknya, Bigreds dibentuk justru saat prestasi Liverpool FC (LFC) tidak menggembirakan di Liga Premier kala itu. Namun hal ini menyiratkan bahwa dasar utama dari pembentukan Bigreds adalah kecintaan yang sejati terhadap LFC.

Tahun 2004, seperti dilansir Bola.net,  adalah tahun yang penting dalam sejarah pembentukan Bigreds dengan mendapat pengakuan secara resmi LFC sebagai bagian dari klub pendukung resmi LFC dunia dan menjadi bagian dari keluarga besar Liverpool Football Club.

Sejak itu, Bigreds dapat menyertakan status official pada identitasnya. Menjelang bergulirnya musim kompetisi 2009-2010, Bigreds mendapatkan fasilitas match ticket base langsung dari Liverpool FC. Sebuah prestasi untuk komunitas supporter sepakbola Tanah Air mendapatkan pengakuan yang demikian luar biasa.

Dari situs resmi mereka, jumlah anggota resmi Bigreds lebih dari 3.100 orang (data resmi Maret 2012 utk periode membership 2011-2014) yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan beberapa di antaranya juga tinggal di luar negeri. Beberapa public figure juga menjadi anggota keluarga kehormatan Bigreds, seperti Marty Natalegawa (Menteri Luar Negeri RI 2009-2014) dan kalangan penyanyi dan wartawan olahraga terkemuka tanah air.

Kehadiran beberapa anggota kehormatan ini merupakan hal yang terasa menggembirakan; memiliki keluarga yang merupakan figur penting di tengah masyarakat dan sama-sama memiliki kecintaan yang sama terhadap Liverpool FC.

Masing-masing anggota tentu mempunyai alasan, mengapa mereka begitu fanatic terhadap Liverpool. Namun jika dilihat dari reputasi LFC, klub ini memang bukanlah klub sembarangan. Liverpool telah memenangkan 5 trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris dan ketiga di Eropa setelah Real Madrid dan AC Milan.

Selain itu Liverpool juga pemegang masing-masing 3 gelar juara Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA. Di kompetisi domestik, Liverpool adalah klub dengan 18 gelar juara Liga Inggris, 7 Piala FA, serta 7 kali juara Piala Liga.

Liverpool didirikan pada tahun 1892 dan bergabung dengan Football League pada tahun berikutnya. Klub ini telah bermain di Stadion Anfield sejak pembentukannya yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota Liverpool.

Periode paling sukses dalam sejarah Liverpool adalah pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika Bill Shankly dan Bob Paisley memimpin klub dengan sebelas gelar liga dan tujuh piala Eropa.

Liverpool memiliki sejarah persaingan yang panjang dengan klub tetangganya Everton dan juga dengan Manchester United. Persaingan dengan klub sekota terkenal dengan nama Derby Merseyside.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya