SOLOPOS.COM - Puri (kiri) sedang berceloteh Bahasa Inggris dengan logat Jawa pada suaminya, Ricky (kanan) yang seorang Native Speaker Bahasa Inggris (Youtube/Puri Viera)

Solopos.com, SURABAYA — Logat atau aksen adalah bagian dari identitas domisili yang ada pada setiap pribadi. Setiap orang memiliki logat berbicara sesuai dengan tempat di mana dia berasal. Meskipun seseorang berbicara dengan bahasa lain yang bukan bahasa ibunya, logat itu akan pasti terdengar dan seseorang bisa diidentifikasi darimana dia berasal.

Suku Jawa adalah kelompok masyarakat yang dikenal dengan logatnya yang kental dan logat Jawa ini sering disebut sebagai medok.  Namun logat Jawa ini bervariasi, ada logat Jawa khas Solo dan Jogja, logat Jawa khas timuran, seperti logat Surabaya, Malang dan daerah-daerah di Jawa Timur, ada juga logat Jawa Ngapak yang umum dimiliki oleh seorang yang berasal dari kawasan Banyumas dan sekitarnya dan masih banyak logat Jawa lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kali ini, Solopos.com memantau video dari kanal Youtube Puri Viera yang dalam video tersebut, Puri sebagai naravlog mencoba berbahasa Inggris dengan berlogat Jawa. Puri Viera adalah seorang wanita asal Surabaya yang menikah dengan pria asal San Diego, Negara Bagian California, Amerika Serikat. Sejak akhir 2013, Puri sudah tinggal di San Diego bersama suaminya hingga sekarang.

Baca Juga: Novel Baswedan dkk. Ditugaskan di Bidang Pencegahan Korupsi

Dalam sehari, Puri berbicara Bahasa Inggris dengan logat Jawa-nya. Dalam video tersebut, Puri juga menanyakan suaminya yang seorang Native Speaker bahasa Inggris, apakah dia mengerti dengan Bahasa Inggris logat Jawa yang dia gunakan. Sang suami pun berkata kalau dia mengerti betul apa yang dia ucapkan dan meminta Puri untuk berbicara dengan logat Jawa terus menerus sambil berkelakar.

Sang suami menilai bahwa logat Jawa yang digunakan Puri sangat mirip dengan logat orang Filipina. Suaminya yang bernama Ricky berkata kalau dulu dia pernah punya tetangga keturunan Filipina dan logatnya saat berbicara sangat mirip dengan logat Jawa yang digunakan Puri. Hal yang sama diungkapkan oleh seorang waiter atau pelayan restoran keturunan Asia yang juga berasal dari Filipina di sebuah restoran Vietnam yang Puri dan suaminya kunjungi.

Saat memesan makanan, Ricky mengatakan kalau istrinya ini sedang melakukan tantangan berbicara Bahasa Inggris dengan logat Jawa selama seharian penuh. Pelayan restoran itu mengatakan kalau dia mengerti dengan yang Puri ucapkan dan awalnya,  pelayan restoran itu mengira kalau Puri berasal dari Filipina karena logat Jawa yang diucapkan Puri.

Baca Juga: Dibantu Saat Gempa 2009, Sumbar Masak 5 Ton Rendang untuk Lumajang

Dalam video tersebut, Puri juga menjelaskan kepada suaminya jika dalam logat Jawa ada beberapa penekanan, seperti pengucapan lafal b menjadi beh, d menjadi deh serta o yang dibaca jelas menjadi ou. Puri juga mengajari beberapa pengucapan logat Jawa kepada suaminya, seperti mengucapkan Bobba Tea menjadi Bobbah ti, kemudian Snickerdoodle menjadi snikerdudel dan sontak Ricky tertawa geli mendengarnya.

Selain itu, Puri juga mempraktikkan Bahasa Inggris logat Jawa-nya dengan menyapa orang-orang yang dia temui saat di mal, dan hampir semua orang yang dia sapa mengerti apa yang dia ucapkan. Dalam video tersebut, Puri juga menekankan bahwa untuk bisa menguasai Bahasa Inggris tidak perlu berbicara seperti gaya orang Native Speaker atau Bule. Cukup jadi diri sendiri saja dengan logat yang dimiliki, Bahasa Inggris yang diucapkan asal sesuai dengan struktur yang benar pasti dimengerti

Terkait kesamaan logat Bahasa Jawa dan Filipina, seperti yang sudah diketahui bahwa ras yang ada di Asia Tenggara umumnya berasal dari akar yang sama, yaitu ras Austronesia. Ras ini dulu berasal dari daratan Yunan di Tiongkok dan sekarang mendiami pulau Farmosa (sekarang Taiwan). Ras austronesia ini melahirkan beberapa macam akar bahasa, salah satunya adalah akar Bahasa Melayu Polinesia yang kemudian beranak pinak menjadi banyak bahasa dan berkembang di Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini : 10 Desember 1948, PBB Adopsi Deklarasi tentang HAM

Bahasa Jawa adalah salah satu anak bahasa yang berakar dari rumpun Bahasa Melayu Polinesia, sama halnya bahasa Tagalog dan beragam macam bahasa daerah di Filipina lainnya. Sehingga tidak heran jika ada kesamaan logat yang dimiliki antara logat Indonesia, khususnya Jawa dan logat orang Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya