SOLOPOS.COM - Gedung UPBJJ-UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Solopos.com, SOLO – Bingung mencari kampus negeri dengan biaya terjangkau untuk melanjutkan kuliah? Jangan khawatir, para calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran ke Universitas Terbuka (UT) Surakarta yang biaya kuliahnya cukup terjangkau.

UT menyelenggarakan 2 program diploma, 31 program sarjana, dan 6 program sarjana yang dibagi dalam epat fakultas. Mulai dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Sains dan Teknologi, serta Keguruan dan Ilmu pendidikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pendaftaran mahasiswa baru di UT Surakarta pada tahun ajaran 2022/2023 dibuka sejak 9 Mei 2022 hingga 27 Juli 2022. Informasi terkait pendaftaran dan akademik UT selengkapnya dapat dilihat di laman https://surakarta.ut.ac.id/

Pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi matakuliah dilakukan setiap semester sesuai kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapat diakses pada laman UTatau dari UPBJJ-UT setempat.

Biaya kuliah di UT Surakarta tentunya cukup terjangkau, karena mahasiswa tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk menyewa indekos.

Baca juga: Dies Natalis Ke-38, PTN-BH Jadi Harapan Baru Universitas Terbuka Solo

Biaya kuliah di UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks).

Besarannya pun bervariasi, mulai Rp1,1 juta hingga Rp3,4 juta, tergantung pada program studi dan SIPAS yang dipilih.

Informasi terkait biaya kuliah di UT dapat dilihat di laman https://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan/sarjana-diploma.

Kuliah Online

Kuliah di UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka yang memanfaatkan berbagai teknologi. Jadi, mahasiswa bisa belajar sambil bekerja maupun mengikuti kegiatan lainnya.

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Kampus ini adalah pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja maupun mengambil kursus lain.

Baca juga: Lulusan Universitas Terbuka Jadi Penyumbang CPNS Terbanyak

UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dipelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan, mahasiswa juga dapat memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial melalui tatap muka, internet, radio, televisi, dan lainnya.

Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi terkait biayadan bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat, seperti UT Surakarta.

Informasi lain terkait pendaftaran dan seputar kampus UT Surakarta dapat diakses melalui laman media sosial, Twitter maupun Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya