top ear
Ilustrasi universitas negeri termurah di Indonesia (untidar.ac.id)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi universitas negeri termurah di Indonesia (untidar.ac.id)

Biaya Kuliah: 10 Universitas Negeri Termurah di Indonesia

Universitas negeri dengan biaya kuliah termurah di Indonesia bisa menjadi pilihan caon mahasiswa karena merata di berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa.
Diterbitkan Jumat, 13/03/2020 - 06:00 WIB
oleh Solopos.com/Danang Nur Ihsan
3 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Biaya kuliah kerap menjadi salah satu pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipilih. Lantas mana saja universitas negeri termurah di Indonesia?

Sebelum membahas universitas negeri termurah di Indonesia, perlu diketahui ada dua istilah terkait uang kuliah yaitu biaya kuliah tunggal (BKT) dan uang kuliah tunggal (UKT).

Biaya kuliah tunggal adalah keseluruhan biaya operasional setiap mahasiswa per semester pada suatu program studi.

Ternyata Ini Foto Asli Soeharto Naik Nmax 

Artinya, biaya kuliah tunggal adalah biaya kuliah asli yang seharusnya dikeluarkan oleh mahasiswa. Perhitungan BKT ditentukan oleh masing-masing PTN dan dikurangi dana bantuan dari pemerintah.

Sedangkan uang kuliah tunggal atau UKT adalah sebagian dari BKT yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi. UKT adalah sistem pembiayaan kuliah, di mana uang gedung, SPP, uang almamater, uang praktikum, dan penunjang lain dilebur menjadi satu.

Dengan demikian, biaya UKT adalah nilai BKT yang sudah mendapatkan subsidi pemerintah. Dari ratusan universitas negeri di Tanah Air, BKT dan UKT yang ditetapkan beragam.

Ada yang mematok BKT jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah. Universitas negeri dengan biaya kuliah termurah terlihat dari data Kemenristekdikti (sebelum Dikti menjadi bagian Kemendikbud).

BKT dan UKT untuk 2019 telah ditetapkan Menristekdikti dalam Kepmenristekdikti 194/M/KPT/2019. Universitas negeri termurah di Indonesia merata di beberapa daerah baik di Jawa dan luar Jawa.

Universitas negeri termurah di Indonesia khususnya di luar Jawa misalnya Universitas Bangka Belitung, Universitas Maritim Raja Ali Haji Kepulauan Riau, Universitas Pendidikan Ganesha Bali, dan Universitas Samudra Aceh.

Bayi Sragen Digigit Kutu Kucing Disarankan Amputasi 

Sedangkan universitas negeri termurah  yang ada di Pulau Jawa misalnya Universitas Tidar di Magelang, Universitas Siliwangi di Tasikmalaya, Universitas Singaperbangsa di Karawang, dan Universitas Trunojoyo di Madura.

Berikut daftar lengkap 10 universitas negeri termurah di Indonesia untuk pendidikan sarjana (S1). Besaran BKT dan UKT akan sangat ditentukan dari program studi atau jurusan di masing-masing universitas.

Universitas Tidar (Magelang)

Universitas Terbuka

Universitas Singaperbangsa (Karawang)

Warga Demo di Balai Kota Semarang Tolak IMB Gereja 

Universitas Siliwangi (Tasikmalaya)

Universitas Trunojoyo (Madura)

Universitas Maritim Raja Ali Haji (Kepri)

Universitas Teuku Umar (Aceh)

Universitas Samudra (Aceh)

Universitas Bangka Belitung (Babel)

Membongkar Kode Rahasia Booking Ayam Kampus

Universitas Pendidikan Ganesha (Bali)

Itulah sedikit gambaran mengenai universitas negeri termurah di Indonesia. Tentu biaya kuliah di kampus negeri itu baik berupa BKT atau UKT disesuaikan dengan jurusan. Sebab, tiap jurusan memiliki biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal yang berbeda-beda.

Editor : Profile Danang Nur Ihsan
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait