Biaya Hidup di Jawa Tengah Paling Murah Se-Indonesia?

Biaya hidup di Jawa Tengah diklaim menjadi salah satu yang terendah di Indonesia.
SHARE
Biaya Hidup di Jawa Tengah Paling Murah Se-Indonesia?
SOLOPOS.COM - Selter kuliner Manahan Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SEMARANG — Biaya hidup di Jawa Tengah diklaim termasuk salah satu yang termurah di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, Jawa Tengah menempati urutan keempat provinsi yang biaya hidupnya paling rendah di Indonesia.

Pada 2019, pengeluaran per kapita per bulan penduduk desa di Jawa Tengah sekitar Rp825.060 sementara warga di perkotaan sebesar Rp1.081.327. Jika dihitung secara rata-rata, maka pengeluaran penduduk pedesaan dan perkotaan di Jawa Tengah sebesar Rp956.403 per bulan.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Baca juga: Ternyata Ini Lho Penyebab Biaya Hidup Murah di Kota Solo

Besar dan kecil biaya hidup di suatu daerah memengaruhi kesejahteraan penduduk. Sebab, tinggi rendahnya biaya hidup akan berpengaruh pada kualitas pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Berdasarkan perhitungan terbaru BPS per September 2021, sebanyak 3,93 juta orang atau 11,35% penduduk di Jawa Tengah masuk kategori miskin. Kepala BPS Jawa Tengah Adhi Wiriana mengatakan jumlah penduduk miskin di pedesaan per September 2021 tercatat sebanya 2,09 juta orang. Sementara di perkotaan sebanyak 1,85 juta orang.

Baca juga: Solo Diklaim Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Setuju?

Dikutip dari Antara, Jumat (21/1/2022), berdasarkan data BPS, garis kemiskinan atau nilai uang minimum yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok minimum rumah tangga di Jawa Tengah rata-rata Rp1.781.941 per bulan dan rata-rata jumlah anggota rumah tangga yang miskin di Jawa Tengah sebanyak 4,21 orang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago