SOLOPOS.COM - Mobil Hybrid. (Autofun.co.id)

Solopos.com, SOLO — Era elektrifikasi kendaraan saat ini terus berjalan dimulai dari mobil hybrid kemudian mobil listrik. Apakah sama? Biar paham, ini perbedaan mobil hybrid dan listrik.

Apabila diruntut munculnya elektrifikasi bermula dari adanya isu tentang pemanasan global, polusi udara dan ketersediaan bahan bakar minyak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari isu globa tersebut era mobil hybrid pun dimulai, di mana tujuan awal adalah menekan emisi udara sebagai pencegahan pemanasan global.

Dikutip dari Auto2000.co.id dan Autofun.co.id, sejak itu kemudian berkembang dan produsen otomotif mulai membuat kendaraan listrik salah satunya mobil listrik.

Kendati tujuan pembuatan mobil hybrid dan mobil listrik sejalan, yakni mencegah pemanasan global dan berkurangkan bahan bakar minyak, namun keduanya tetap ada perbedan.

Baca juga: Perhatian! Ini Tanda Mobil Harus Turun Mesin

Biar tidak penasaran dan salah paman, anda perlu mengetahui apa saja perbedaan mobil hybrid dan listrik.

Mobil Hybrid adalah kendaraan yang mengabungkan mesin konvensional berbahan bakar minyak dan motor listrik yang disokong baterai. Baik mesin konvensional dan motor listrik, saling berpadu dalam menggerakkan mobil.

Pengaturan penggerak mobil masing-masing mobil hybrid berbeda beda. Sebagai contoh ada yang saat mobil bergerak lambat, maka sumber tenaganya menggunakan motor listrik.

Saat itu mesin bensinnya non aktif, baru ketika mobil berjalan dengan kecepatan di atas atas 40 km/jam, mesin bensin berfungsi menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai.

Baca juga: Terungkap, Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Saat Melintasi Rel KA

Biaya charge mobil listrik mobil listrik
Biaya charge mobil listrik diklaim lebih murah dari beli bensin. (Momobil.id)

Baca juga: Berapa Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik di SPKLU PLN

Mobil listrik bagaimana. Apa perbedaan mobil hybrid dan listrik yang ada saat ini. Apakah mobil listrik masih memiliki mesin bensin sebagai cadangan.

Penjelasannya, mobil listrik merupakan kendaraan yang berjalan dengan daya listrik murni sehingga tidak ada mesin bensin di dalam mobil listrik.

Pengisian daya listrik disimpan dalam baterai kemudian disalurkan ke motor listrik untuk menggerakkan roda.

Jadi sumber energi murni hanya mengandalkan dari pengisian daya listrik saja melalui Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ada juga yang bisa diisi daya di rumah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya