SOLOPOS.COM - Ilustrasi bermain HP saat bangun tidur (Freepik).

Solopos.com, JAKARTA — Produk smartphone baru setiap bulannya bermunculan, tidak hanya satu merk namun beberapa merk handphone kadang hampir bersamaan meluncurkan HP baru. Namun karena keterbatasan dana terkadang belum bisa membelinya.

Bisa juga karena HP lama dirasa masih mumpuni dan tetap layak digunakan untuk keseharian. Nah bagi kamu yang ingin ponselnya terasa baru lagi, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan. Seperti dikutip Solopos.com dari Antara dan Cnet, Senin (11/4/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Hapus aplikasi tidak terpakai

Kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk mengecek laman utama (home screen) untuk mengecek aplikasi apa saja yang sudah tidak pernah digunakan.

Karena menghapus aplikasi selain membantu mengurangi memori ponsel, juga bisa menjaga keamanan perangkat dan data pribadi. Pengguna mungkin mengizinkan aplikasi tersebut mengakses sejumlah informasi ketika pertama kali memasang.

Baca juga: Xiaomi Sedang Siapkan HP Xiaomi 12 Lite, Ini Bocoran Spesifikasinya

2. Hapus berkas lama

Sebaiknya kamu memindahkan berkas lama ke penyimpanan eksternal, kemudian hapus. Hapus juga berkas yang sudah tidak terpakai lagi. Seperti gambar GIF yang dikirim lewat aplikasi pesan instan, menu makanan di restoran, sampai video yang diunduh dari media sosial.

Cek juga berkas unduhan untuk melihat apakah masih ada berkas yang sudah tidak diperlukan. Beberapa smartphone memiliki tempat khusus untuk berkas-berkas berukuran besar. Hapus berkas besar itu jika memang sudah tidak digunakan, untuk menghemat tempat penyimpanan.

3. Setel ulang layar utama

Setelah itu agar terlihat baru dan segar, pengguna bisa mengubah tampilan layar utama (home screen) menggunakan pengaturan yang sudah tersedia dari ponsel. Misalnya, ubah tata letak, unduh tema baru dan ganti gambar pada latar belakang. Pengguna bisa bereksperimen dengan tampilan layar melalui menu yang ada di setelan (pengaturan)

Baca juga: Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik ETLE di Tol Terbaru

4. Optimalisasi perangkat

Selain mengubah gambar layar, pengguna juga bisa mengoptimalisasi setelan ponsel yang berguna terhadap kinerja ponsel. Misalnya, menyalakan mode penghemat baterai supaya ponsel bisa digunakan lebih lama. Menyalakan mode gelap (dark mode) juga bisa membantu menghemat daya baterai.

5. Setelan privasi

Setelah mengubah tampilan ponsel, sediakan waktu untuk mempelajari pengaturan keamanan dan privasi agar keamanan ponsel terjaga. Cek izin apa saja yang diberikan kepada setiap aplikasi, ubah jika dirasa tidak perlu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya