SOLOPOS.COM - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni P. Joewono, saat Webinar Rekomendasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, yang disiarkan di Youtube Solopos TV, pada Selasa (8/2/2022). (Youtube SoloposTV)

Solopos.com, JAKARTA–Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono menyatakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi tulang punggung transformasi digital dan ekonomi di Indonesia.

“Saat ini salah satu isu prioritas yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia adalah transformasi digital dan ekonomi, oleh karena itu digital UMKM menjadi tulang punggung, di antaranya transaksi pembayaran UMKM melalui pemanfaatan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard),” ujar Doni saat menyampaikan sambutan melalui video dalam Gernas BBI di Ternate, Maluku Utara, Kamis (13/10/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Doni berharap berbagai program dan rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di sepanjang 2022 ini dapat terus diperkuat setiap bulannya sehingga bermanfaat secara optimal bagi UMKM.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat terus menggunakan produk dalam negeri, bangga mengkonsumsi produk lokal dan bangga berwisata lokal,” papar dia.

Ia menekankan Bank Indonesia terus berkomitmen mendukung Gernas BBI sebagai langkah sinergi dan inovasi dalam rangka pemulihan ekonomi serta mendorong semangat bangga produk dan wisata lokal.

“Tentunya berdaya saing nasional dan global sehingga menjadi sumber pertumbuhan dan pertumbuhan ekonomi secara lokal dan nasional, recover together, recover stronger,” kata Doni.

Ia menambahkan Maluku Utara atau yang akrab disebut sebagai Bumi Moloku Kie Raha atau Kesultanan Empat Gunung di Maluku memiliki kekayaan alam yang berlimpah.

Kekayaan alam seperti perikanan dan rempah menjadi komoditas perdagangan utama dunia sejak abad pertengahan, serta tentunya kekayaan budaya yang berasal dari Kerajaan Islam.

“Inilah menjadi ciri khas dan esensi dari produk UMKM Maluku Utara. Rempah dan perikanan berhasil diolah dan menjadi berbagai produk siap saji yang tidak hanya dinikmati oleh pasar domestik namun juga berhasil masuk dalam pasar luar negeri,” papar dia.

Selain itu, ia menambahkan UMKM Maluku Utara pun mampu mengaktifkan kembali tenun khas Kesultanan Tidore yang sempat punah selama ratusan tahun.

Di samping itu, keindahan wisata alam Maluku Utara tentunya sudah dikenal hingga mancanegara, seperti Pulau Morotai dan landscape bawah lautnya.

“Berbagai anugerah ini kami harapkan dapat dioptimalkan melalui inovasi dan sinergi untuk menjadi keuntungan yang dimiliki oleh Maluku Utara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya