SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA–Bank Indonesia (BI) optimistis kurs rupiah akan terjaga di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat tinggi.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bahwa perkembangan nilai tukar rupiah hingga 23 Mei 2022 mencatatkan depresiasi sejalan dengan depresiasi mata uang regional.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Kurs rupiah pada 23 Mei 2022 terdepresiasi sebesar 1,2% dibandingkan dengan posisi pada akhir April 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

“Depresiasi tersebut disebabkan oleh aliran modal asing yang keluar sejalan dengan ketidakpastian di tengah terjaganya pasokan valas domestik, khususnya dari korporasi dan persepsi positif terhadap prospek perekonomian Indonesia,” katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/5/2022).

Dengan perkembangan tersebut, nilai tukar rupiah terdepresiasi 2,87% secara tahun berjalan (year-to-date/ytd) per 23 Mei 2022.

Baca Juga: Kurs Rupiah ke Dolar AS Menguat, Begini Harga di BRI dan BCA

Perry mengatakan tingkat depresiasi ini masih relatif lebih baik dibandingkan dengan depresiasi mata uang negara lainnya, seperti India yang mencatatkan depresiasi 4,11%, Malaysia 5,1%, dan Korea Selatan 5,97%.

Perry optimistis stabilitas nilai tukar rupiah ke depan akan tetap terjaga, didukung oleh fundamental ekonomi Indonesia yang tetap baik.

“Tercermin dari rendahnya defisit transaksi berjalan, memadainya pasokan valas dari korporasi yang terus berlanjut,” jelasnya.

Di samping itu, BI akan terus memperkuat kebijakan stabilitas nilai tukar rupiah, sesuai dengan mekanisme pasar dan fundamental ekonomi Indonesia.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Bos BI Tegaskan Stabilitas Nilai Tukar Rupiah Tetap Terjaga ke Depannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya