SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jateng, Semarang, Kamis (7/7/2022), membahas rencana pengembangan Keraton Pura Mangkunegaran Surakarta. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo, menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk membahas rencana pengembangan Pura Mangkunegaran Solo.

“Kami sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa punya amanah yang besar untuk menggali kebudayaan, melestarikan kebudayaan, dan juga mengembangkannya,” kata Kanjeng Gusti Bhre seusai bertemu Ganjar di Rumah Gubernur Jateng, Semarang, Kamis (7/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bhre menjelaskan pengembangan Pura Mangkunegaran Solo tersebut harus relevan dengan perkembangan zaman sekarang. Meski demikian, katanya, pengembangan harus berdasarkan nilai-nilai dan akar Mangkunegaran Solo, yakni kebudayaan, pariwisata, dan pengetahuan.

“Tapi yang paling penting adalah tidak melupakan fondasi atau akar, yaitu paugeran, adat, dan tradisi. Nilai-nilai yang ada di Pura Mangkunegaran menjadi fondasi seterusnya dan selamanya juga untuk pengembangan,” ujarnya.

Bhre mengungkapkan dukungan dari Ganjar Pranowo dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya pengembangan Pura Mangkunegaran Solo sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa itu luar biasa.

Baca Juga : Bhre Cakrahutomo Mengubah Wajah Mangkunegaran

Dia berharap Pura Mangkunegaran Solo dan Pemprov Jateng dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan kebudayaan.

“Saya sangat senang sekali dan suatu kehormatan juga kami bisa bertemu Bapak Gubernur. Kami senang dan bersyukur atas support beliau yang luar biasa. Agar terus berkembang, harapan ke depan Pura Mangkunegaran bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi, terutama kegiatan kebudayaan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya