SOLOPOS.COM - Bestik. (surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO — Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang kini menjadi pemimpin Pura Mangkunegaran Solo bergelar KGPAA Mangkunagoro X ternyata suka dengan makanan khas Solo.

Bhre juga memiliki daftar warung favorit untuk sekadar menikmati makanan kesukaan atau pun untuk menongkrong. Kepada Solopos.com yang mewawancarainya secara eksklusif melalui telepon, Selasa (15/3/2022) malam, Bhre mengatakan makanan kesukaannya adalah bestik, soto, satai kambing, dan gudeng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan warung atau rumah makan yang wajib ia kunjungi setiap kali berada di Solo di antaranya Gudeg Mbak Yus. Kemudian juga Gudeg Bu Cokro Pasar Legi.

Baca Juga: Alasan Bhre Mangkunagoro X Menetap di Solo: Ingin Bekerja di Lapangan

“Lalu kalau wedangan ya di depan Mangkunegaran, kebetulan yang jualan abdi dalem Mangkunegaran, persis di depan regol [pagar] barat. Wedang rondenya enak sekali,” ujar Bhre yang dikukuhkan sebagai Mangkunagoro X pada Sabtu (12/3/2022).

Melansir surakatarta.go.id, bestik merupakan salah satu masakan khas Solo dengan cita rasa Belanda. Pada jaman kolonial, bestik merupakan makanan favorit orang Belanda di Solo.

Baca Juga: Besok Perayaan Hari Jadi ke-265 Mangkunegaran Solo, Ini Kata Bhre MN X

Asal-Usul Bestik

Bestik kemudian diolah dan disesuaikan dengan lidah orang lokal. Nama asli dari bestik adalah biefstuk (bahasa Belanda) atau beefsteak (bahasa Inggris) yang merupakan olahan daging sapi. Karena lidah orang Jawa yang tidak bisa mengucapkan bahasa Belanda, pengucapan nama itu menjadi bestik.

bhre cakrahutomo kuliner favorit
Bhre Cakrahutomo KGPAA Mangkunagoro X. (Solopos/Nicolous Irawan)

Saat ini di Solo ada banyak warung yang menjual bestik, salah satu makanan favorit Bhre Mangkunagoro X. Warung yang cukup terkenal adalah Harjo Bestik di kawasan Pasar Kembang, Jl dr Radjiman Solo. Di Harjo Bestik, daging cukup variatif antara lain daging sapi, daging ayam, brutu, usus dan ati ampela. Kemudian ada juga Sumber Bestik Pak Darmo di Jl Honggowongso.

Baca Juga: Wawancara Eksklusif Mangkunagoro X: Dari Kuliner hingga Kapan Menikah

Gudeg juga salah satu makanan khas Solo, meskipun sebenarnya merupakan makanan khas Jogja dan Jateng. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Masaknya butuh waktu berjam-jam hingga warganya menjadi kecokelatan.

Warung gudeg di Solo yang cukup terkenal adalah Gudeg Mbak Yus yang masuk daftar warung kuliner favorit Bhre. Lokasinya di Jl RA Kartini No 12 Timuran, Banjarsari, Solo. Selain itu ada Gudeg Bu Cokro yang juga favorit Bhre. Lokasinya di Jl Sutan Syahrir, Kepatihan Kulon, Jebres, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya