Bhre Disebut Calon Terkuat MN X, Begini Komentar Panjang Lebar Paundra

GPH Paundrakarna Jiwasuryonagoro memberikan tanggapannya mengenai pemberitaan yang menyebut GPH Bhre Cakrahutomo sebagai calon terkuat pemimpin baru Mangkunegaran Solo, MN X.
SHARE
Bhre Disebut Calon Terkuat MN X, Begini Komentar Panjang Lebar Paundra
SOLOPOS.COM - Gusti Pangeran Hariyo (G.P.H) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro

Solopos.com, SOLO — Putra sulung Mangkunagoro IX, GPH Paundrakarna Jiwasuryonagoro, memberikan tanggapannya mengenai GPH Bhre Cakrahutomo yang disebut-sebut sebagai calon terkuat pemimpin baru Pura Mangkunegaran Solo.

Tanggapan itu disampaikan dalam kolom komentar unggahan berita Solopos.com berjudul “Berusia 24 Tahun, Ini Sosok Bhre Calon Terkuat Penerus Mangkunagoro IX” di akun Instagram @solopos_com, Kamis (20/1/2022).

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Baca Juga: Berusia 24 Tahun, Ini Sosok Bhre Calon Terkuat Penerus Mangkunagoro IX

Lewat akun Instagramnya @gphpaundrakarna1, Paundra menulis komentar panjang. Berikut isi komentar lengkapnya:

“Bhre yang berpendidikan tinggi janganlah kamu berani-berani nggih, gunakan akal pikiranmu yang sehat secara baik dan Benar, gunakan nalarmu dan gunakanlah hatimu dan nurani’mu bila masih ada di dalam dirinu,,
Kamu haruslah sadar diri kamu itu anak ragil/anak Bungsu yang dijadikan alat oleh Ibu kamu untuk memenuhi Egonya dan untuk mewujudkan Ambisinya semata ingin terus jadi Ratu dan berkuasa lagi dengan menjadikan anak bungsunya jadi Boneka (alat) sang Ibunya,,
Aku mrasa kasihan sama kamu Bhre,, Ibu tiri sayalah yang membuat hubungan baik saya dengan Ayahanda saya, dengan Sura dan dengan Bhre jadi tidak baik dan tidak sehat,,
Bhre,,ingat yah aku ini adalah putra tertua dari Ayahandaku dan ‘bukan’ Ayahandamu,,
Jadi jangan berani-berani nggih dengan aku, putra tertua yang jelas-jelas nyata-nyata sangat mirip dengan Ayahandaku,,
Aku berempati sama kamu Bhre, kamu harus tau Ibu kamu itu banyak mengarang cerita dan kebohongan-kebohongan,, Ya termasuk kamu itu adalah bagian dari kebohongan dari sekian banyak lagi kebohongan-kebohongan yang dia ciptakan dan dia sebarkan,,
Begitu lah Bhre Sang Pangeran Muda Sang Pewaris Tahta andalan Ibunya,,

Dan Bhre,,,berpikirlah yang jernih dengan hati dan budi pekerti yang luhur,, Kasihanilah aku, mba’ Menur, para Gusti-Gusti, Keluarga Puro Mangkunegaran yang asli, poro Abdi-poro Sentono-poro masyarakat kawulo alit Puro Mangkunegaran nggih,, Kasihanilah kami dan beliau-beliau yang sudah sepuh-sepuh nggih Bhre,,

Bhre,,andaikan sajaa kamu bukan anak dari Ibu tiriku, maka kita berdua akan selalu baik-baik saja,,”

Baca Juga: Kerabat Mangkunegaran Solo soal Calon MN X: Bhre Sosok yang Visioner

Tak hanya menuliskan komentar untuk Bhre, Paundra juga menulis komentar yang berisi peringatan kepada seseorang yang ia sebut Mo Lik’. Orang itu diduga adalah Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran Solo, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat.

Komentar Sukmawati

Seperti diketahui, informasi bahwa suksesi kepemimpinan Mangkunegaran sudah mengerucut ke satu nama yakni GPH Bhre Cakrahutomo kali pertama diungkapkan oleh Lilik. Paundra memperingatkan agar Mo Lik’ jangan berani-berani dan lupa diri.

Baca Juga: Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

“Mo Lik’ yang baik,,saya minta janganlah Mo Lik mencampuri urusan Intern kami/keluarga Mangkunegoro nggih,, Lebih baik Mo Lik’ membuka semua Aibnya Ibu tiri saya yang selama ini Mo Lik’ simpan Bukti-Buktinya dan Mo Lik’ rahasiakan! Sekian,,”.

Akun @sukamawatisukarnoputri ikut berkomentar, “Yg direstui olh Alm Presiden Dr Ir Sukarno dan Alm MN VIII adalah GPH Paundrakarna putera pertama dan sangat menyatu dengan seni budaya MN dan Solo???”.

Baca Juga: Sosok Dua Putra Mangkunagoro IX: Paundra Berjiwa Seni, Bhre Tertarik Hukum

Seperti diberitakan, proses penentuan calon pemimpin baru Pura Mangkunegaran menggantikan Mangkunagoro IX yang wafat pada Agustus 2021 disebut sudah mengerucut ke satu nama yakni GPH Bhre Cakrahutomo.

Bhre Cakrahutomo yang berusia 24 tahun merupakan putra kandung KGPAA Mangkunagoro IX dengan permaisurinya, GKP Prisca Marina Yogi Supardi. Selanjutnya tinggal menunggu musyawarah dengan melibatkan keluarga inti yakni sedherek dalem serta putra MN IX untuk memutuskan nama tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago