SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo tanggapi polemik kader celeng.

Solopos.com, SOLO — Para tokoh di Kota Solo terus memberikan pesan dan nasihat kepada GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang sebentar lagi dinobatkan menjadi pemimpin Mangkunegaran Solo bergelar KGPAA Mangkunagoro X.

Terbaru, mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ikut memberikan komentar atau tanggapannya terkait diumumkannya GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwa sebagai KGPAA Mangkunagoro X.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diwawancarai wartawan seusai kegiatan doa bersama lintas enam agama dalam momentum menyambut Hari Raya Nyepi di Pendapa RW 09 Pucangsawit, Jebres, Solo, Rabu (2/3/20220) malam, Rudy, panggilan akrabnya, mengungkapkan harapannya agar Bhre bisa menjadi pemimpin yang luwes.

Baca Juga: Penentuan Bhre Jadi Penerus Takhta Mangkunegaran Berdasar Wasiat MN IV?

“Ya harapannya bisa menjadi pengayom, ngesuhi, dan bisa apa ya, ya luwes lah. Sebab Solo itu kota budaya, dan karena beliau kan tidak di Solo terus, sehingga ini harus terus belajar,” ungkap politikus kawakan PDIP itu.

Belajar yang dimaksud Rudy yaitu tentang kebudayaan dan tradisi di Pura Mangkunegaran dan budaya Solo. Ihwal usia Bhre yang baru 24 tahun saat naik takhta sebagai Mangkunagoro X, Rudy menilai tidak ada masalah selama yang bersangkutan punya tekad untuk belajar.

Putra Mahkota Keraton Solo

“Oh ndak apa-apa. Wong dulu kita pernah punya Raja Kasunanan berumur delapan tahun kok. Ya rapapa,” katanya. Selanjutnya, saat disinggung mengenai KGPH Puruboyo yang diangkat sebagai putra mahkota Keraton Solo di usia yang baru 20 tahun, Rudy memilih tak berkomentar.

Baca Juga: Jadi MN X, Bhre Diharapkan Maksimalkan Eksistensi Mangkunegaran Solo

Menurutnya, hal itu merupakan urusan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. “Wah kuwi urusane Keraton dewe, aku ora ngurusi,” ujarnya sembari berjalan meninggalkan awak media. Tidak jelas apa alasan Rudy tidak mau berkomentar lebih lanjut.

Seperti diberitakan, setelah diumumkan sebagai penerus kepemimpinan Mangkunegaran Solo, Selasa (1/3/2022), GPH Bhre Cakrahutomo bakal dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X pada Sabtu (12/3/2022) mendatang.

Baca Juga: Jadi Penerus Takhta Mangkunegaran Solo, Bhre Ternyata Masih Lajang Loh

Keputusan keluarga Mangkunegaran tersebut sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena sebelumnya tepatnya pada pertengahan Januari 2022, sudah beredar kabar bahwa penerus takhta Mangkunagoro IX mengerucut ke nama Bhre.

Saat ini kerabat hingga abdi dalem yang tergabung dalam kepanitiaan jumenengan tengah mempersiapkan acara penting tersebut. Salah satunya menunjuk tujuh orang gadis penari Bedhaya Anglir Mendung dan ritual lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya