SOLOPOS.COM - Beyonce Knowles. (Instagram/@beyonce)

Solopos.com, SOLO-Penyanyi Beyonce akan menghapus lirik yang dinilai menghina penyandang disabilitas dalam lagu barunya Heated. Demikian kata seorang juru bicara pada Senin (1/8/2022) waktu setempat.

Penggunaan kata spaz dikritik oleh para aktivis karena dianggap bernada ofensif. Megabintang pop AS itu akan merekam ulang lagu tersebut yang merupakan bagian dari album terbaru Renaissance.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kata itu, yang tidak digunakan secara sengaja, akan diganti,” kata juru bicara Beyonce kepada AFP melalui surat elektronik  dikutip dari Antara pada Selasa (2/6/2022).

Ditulis bersama dengan rapper asal Kanada Drake, lirik lagu Beyonce yang dianggap hina penyandang disabilitas tersebut menggunakan kata spaz dalam arti sehari-hari untuk menggambarkan tindakan kehilangan kendali yang sementara atau bertindak tidak menentu.

Baca Juga: Beyonce Tak Hadiri Met Gala 2022, Kenapa Ya?

Namun para aktivis disabilitas mencatat bahwa kata tersebut berasal dari kata “spastis”. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), spastisitas adalah gangguan gerakan yang melibatkan otot kaku dan gerakan canggung yang dialami oleh 80 persen penderita cerebral palsy.

Pengalaman serupa juga pernah dialami penyanyi Lizzo pada Juni yang merekam ulang lagunya Grrrls untuk menghapus istilah yang dianggap menghina kelompok tertentu.

Baca Juga: Beyonce Bagikan Tiket Konser Gratis Selama 30 Tahun

Aktivis disabilitas dari Australia Hannah Diviney menyoroti lirik lagu Beyonce yang dianggap menghina kaum disabilitas. Dia mengatakan penyertaan kata tersebut oleh Beyonce bagaikan sebuah tamparan bagi komunitas disabilitas dan tamparan bagi upaya kemajuan yang sebelumnya dibuat terkait kasus pada Lizzo.  “Kurasa aku akan terus memberi tahu seluruh industri untuk ‘melakukan yang lebih baik’ sampai kata berkonotasi penghinaan itu menghilang dari dunia musik,” kata Diviney melalui cuitannya di Twitter.

Album studio ketujuh Beyonce Renaissance dirilis pada Jumat (29/7/2022). Album tersebut telah mendapatkan ulasan positif terutama terkait dengan nuansa disko dan electronic dance. Kolaborator lain di album tersebut juga termasuk Nile Rodgers, Skrillex, penyanyi Nigeria Tems, Grace Jones, Pharrell, dan suami Beyonce, Jay-Z.

Baca Juga: Jay Z Penyanyi Hiphop Terkaya 2017

Dalam sebuah unggahan di Instagram segera setelah rilis album, Beyonce mengatakan bahwa membuat album memungkinkannya mendapat tempat untuk bermimpi dan menemukan pelarian di tengah waktu yang menakutkan bagi dunia.  “Niat saya adalah menciptakan tempat yang aman, tempat tanpa penghakiman. Tempat untuk bebas dari perfeksionisme dan terlalu banyak berpikir. Tempat untuk berteriak, melepaskan, merasakan kebebasan,” tulis Beyonce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya