SOLOPOS.COM - Polres Karanganyar melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap keluarga anggota Polres Karanganyar pada Rabu (23/6/2021) di lingkungan Mapolres Karanganyar. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 dilakukan pemerintah bekerja sama dengan kepolisian. Polres Karanganyar mendapatkan jatah 4.000 dosis vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk vaksinasi massal.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, vaksinasi massal 4.000 dosis vaksin Covid-19 di Kabupaten Karanganyar akan dilaksanakan di dua gedung olahraga (Gor), yakni Gor Raden Mas (RM) Said dan Gor Nyi Ageng Karang. Selain itu, vaksinasi massal juga diselenggarakan di 21 puskesmas di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak pada Sabtu (26/6/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Tren Naik, Kasus Covid-19 di Sukoharjo Tambah 88 Orang dalam Sehari

Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, menyampaikan sasaran vaksinasi masyarakat, pelayan publik, pekerja dengan mobilitas tinggi. Vaksinasi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar terutama berkaitan dengan lokasi dan petugas vaksinasi.

“Vaksinasi massal diselenggarakan menindaklanjuti perintah Presiden. Kami prioritaskan [lanjut usia] lansia, masyarakat usia 18 tahun ke atas yang memang mobilitasnya tinggi, pelayan publik, sektor wisata. Kami mengevaluasi kasus yang terjadi di Karanganyar kemudian kami evaluasi,” kata Kapolres saat berbincang dengan wartawan, Rabu (23/6/2021).

Kapolres menuturkan vaksinasi dilaksanakan di sejumlah lokasi, yakni dua gedung olahraga di Karanganyar, puskesmas, dan lingkungan Mapolres Karanganyar. Dihubungi secara terpisah, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Karanganyar, Iptu Agung Purwoko, menambahkan bahwa kuota vaksin sudah terpenuhi hingga Jumat (25/6/2021).

“Kuota vaksin terpenuhi. Kami mohon maaf kepada masyarakat yang belum dapat mengikuti program itu. Kami mohon untuk tidak perlu ke lokasi karena kuota sudah terpenuhi. Ini kan program percepatan vaksin. Semoga ke depan bisa ditindaklanjuti,” tutur dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Agung menyampaikan kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Bhayangkara. Hari ini, Jumat (25/6/2021), Polres Karanganyar sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar terkait hal itu.

Baca Juga: Diduga Gegara Depresi, Perempuan asal Pati Terjun ke Sumur

“4.000 dosis itu dibagi. 1.200 dosis di dua gor [RM Said dan Nyi Ageng Karang]. Sisanya, 2.800 dosis didistribusikan ke 21 puskesmas di Kabupaten Karanganyar. Setiap puskesmas mendapatkan 120-140 dosis. Sudah koordinasi dengan kapolsek, kepala [unit pelaksana teknis] UPT puskesmas, dan Dinkes. Sudah ada pembagian,” tutur dia.

Agung menjelaskan bahwa Gor RM Said untuk warga dari tiga kecamatan, yakni Karanganyar, Jaten, dan Karangpandan sedangkan di Gor Nyi Ageng Karang untuk warga Tasikmadu dan Kebakkramat. Sebelumnya, Polres sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Mapolres Karanganyar pada Rabu. Solopos.com mengonfirmasi kepada petugas yang berada di lokasi bahwa vaksinasi tersebut untuk keluarga anggota Polres Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya