SOLOPOS.COM - Panggung yang akan digunakan untuk acara Tahlil dan Shalawatan dalam rangka Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo, Jumat (24/6/2022) malam, sudah disiapkan sejak Kamis (23/6/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo akan menggelar Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Benteng Vastenburg Solo, Jumat (24/6/2022) malam. Acara itu untuk memeriahkan Bulan Bung Karno, Juni 2022.

Sebanyak 10.000 warga Solo diperkirakan akan mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech, YF Sukasno. Dia tunjuk sebagai ketua oleh Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Rangkaian dalam Bulan Bung Karno, DPC PDIP Solo mengadakan tahlil dan selawatan bersama Habib Syech dan masyarakat Solo diundang untuk hadir pada acara itu besok malam. Kami perkirakan acara ini diikuti 10.000 orang,” tuturnya.

Sukasno menjelaskan peserta tahlilan dan selawatan bareng Habib Syech di Benteng Vastenburg Solo diimbau mengenakan pakaian berwarna merah atau putih. Sebab panitia akan mengatur kerumunan jemaah menjadi dua kelompok, yaitu kerumunan baju merah dan jemaah berbaju putih.

“Nuansa merah putih, jemaah ada yang memakai baju merah, ada yang memakai baju putih. Masyarakat luas kami harap bisa menyesuaikan. Ada sekat di tengah area. Walau bukan pemisah, tapi biar kelihatan nuansa merah putih,” katanya.

Baca Juga: Bulan Bung Karno 2022: Konser 550 Seniman-Selawatan Habib Syech Assegaf

Untuk memudahkan pengaturan oleh panitia, Sukasno menjelaskan peserta yang memakai baju warna merah akan diarahkan lewat pintu barat. Sedangkan peserta yang mengenakan baju putih lewat pintu timur. Bagi yang terlanjur masuk akan diatur di area dalam.

Undang Gubernur dan Wali Kota

Sukasno mengatakan kegiatan tahlilan dan selawatan bareng Habib Syech itu mengundang sejumlah tokoh seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, pengurus DPD PDIP Jateng, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wawali Solo Teguh Prakosa, dan Forkompinda Solo.

“Pak Danrem, Dandim, Kapolresta, Danbrimob, camat-camat, lurah-lurah dan tokoh-tokoh Kota Solo. DPD Jateng juga diundang. Kami sudah koordinasi dengan Dishub untuk rekayasa lalin, juga koordinasi dengan Polresta, Kodim,” terangnya.

Baca Juga: Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Klaten Gelar Pendidikan Politik

Sukasno berharap tidak ada penutupan ruas jalan di sekitar Benteng Vastenburg kendati ribuan peserta tahlil akbar dan selawatan akan datang. “Kami berharap tidak menutup jalan agar tak mengganggu lalin. Area parkir pun luas,” urainya.

Sedangkan untuk persiapan acara, menurut Sukasno, sudah dilakukan pembersihan area Benteng Vastenburg dalam lima hari terakhir. Selain itu panitia sudah menyiapkan karpet atau alas duduk bagi seluruh peserta karena konsepnya lesehan.

“Kami harapkan masyarakat berpartisipasi dengan berlaku tertib, nanti lesehan, panitia siapkan karpet dan sebagainya. Walaupun ribuan, tapi kami harapkan bisa tertib. Kami juga mohon doa semua pihak agar acara besok lancar,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya