SOLOPOS.COM - Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo membaca surat kekancingan atau piagam pengukuhan sebagai Mangkunagoro X pada Jumenengan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022). (Antara)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran Kota Solo akan merayakan hari jadi ke-265 pada Kamis (17/3/2022).

Hari jadi tersebut terhitung sejak 17 Maret 1757 atau bertepatan dengan penandatanganan Perjanjian Salatiga antara Sunan Pakubuwana III dengan Raden Mas Said di Salatiga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Diawali Salam Islam, Ini Sumpah Bhre di Jumenengan Mangkunagoro X

Melansir dari puromangkunegaran.com, situs resmi Pura Mangkunegaran, menurut penanggalan Jawa, perjanjian Salatiga dilakukan pada Sabtu Legi tanggal 5 Jumadilawal, tahun Alip Windu Kuntara, tahun Jawa 1638. Saat itu, penandatanganan perjanjian disaksikan perwakilan Sultan Hamengku Buwana (HB) I dan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Ihwal perayaan hari jadi Pura Mangkunegaran, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo selaku Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X mengatakan Pura Mangkunegaran akan menggelar peringatan HUT ke-265.

Baca Juga : Catur Sagotra Berkumpul saat Jumenengan MN X di Solo, Trah Mataram?

“Kalau untuk itu [hari jadi] sebetulnya ada peringatan. Memperingati 265 tahun,” kata Bhre kepada Solopos.com melalui telepon, Selasa malam (15/3/2022).

Namun, perayaan hari jadi Pura Mangkunegara yang jatuh besok, Kamis (17/3/2022), akan dirayakan secara tertutup. Perayaan ambal warsa atau hari jadi Pura Mangkunegaran hanya akan dilakukan kalangan keluarga dan warga Pura Mangkunegaran saja.

Baca Juga : Bhre Mangkunagoro X Pegang Prinsip Hanebu Sauyun, Apa Itu?

Bhre menyampaikan Pura Mangkunegaran akan menggelar wilujengan dan doa bersama. “Memperingati 265 tahun tapi mungkin untuk internal saja ya. Wilujengan, doa bersama,” imbuh dia.

Bhre berharap kondisi pandemi Covid-19 segera membaik. Dengan begitu, ia ingin acara-acara di Pura Mangkunegaran bisa dinikmati dan diikuti tidak hanya kalangan keluarga dan warga yang ada di Pura Mangkunegaran saja.

Baca Juga : Ini Isi Pidato Perdana Lengkap KGPAA Mangkunagoro X yang Panen Pujian

Lebih lanjut, Bhre ingin melibatkan partisipasi masyarakat lebih luas. “Dengan harapan insya Allah, tahun depan pandemi bisa teratasi. Juga tahun depan bisa lebih melibatkan partisipasi masyarakat,” jelas Bhre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya