SOLOPOS.COM - Petugas memasang papan informasi penunjuk kecepatan maksimal di jalur menuju area pit lane Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, LOMBOK TENGAH – Indonesia akan kembali menggelar kejuaraan dunia balap motor kelas primer MotoGP untuk kali pertama setelah 25 tahun yang lalu pernah menjadi tuan rumah balapan yang masih diberi nama kelas 500cc tersebut.

Setelah menyaksikan balapan kelas 500cc di Sirkuit Internasional Sentul pada 1997 silam, para fan di Indonesia akan merasakan kembali gempita kali ini kelas MotoGP di Tanah Air saat Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, menjadi tuan rumah balap seri kedua kalender MotoGP 2022, mulai Jumat (18/3/2022). Panorama perbukitan dan pantai berpasir putih yang mengelilingi sirkuit sepanjang 4,3km itu menjadi nilai tambah untuk dinikmati para penggila balap yang datang ke sana, wisatawan, bahkan kru tim dan pembalap MotoGP itu sendiri, yang diharapkan mampu menyaingi tetangganya Bali sebagai destinasi liburan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Efek Marc Marquez dan Espargaro, Astra Motor Jateng Diserbu Konsumen

“Sebagai event yang berkelanjutan, kita wajib menjaga yang pertama menjadi yang berkesan,” kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Negara kepulauan dengan populasi 270 juta penduduk itu juga menjadi pasar yang besar dari MotoGP karena ‘kegilaan’ para penggemar balap roda dua. Bahkan sang presiden, Joko Widodo, menggemari sepeda motor dan telah menjajal aspal Sirkuit Mandalika dengan motor Kawasaki hijau custom saat secara resmi membuka sirkuit itu pada November 2021. Sempat muncul kekhawatiran soal kondisi permukaan lintasan. Sejumlah pembalap termasuk jjuara dunia WSBK musim lalu, Toprak Razgatlioglu, mengatakan terdapat sejumlah bagian aspal yang terlepas saat melaju di Sirkuit Mandalika. Para penbalap MotoGP yang menjalani tes pramusim pada Februari 2022 juga mengeluarkan keluhan serupa, bahwa kondisi lintasan kotor dan terkelupas, dengan serpihan dan batu-batu yang melayang ke arah mereka layaknya peluru.

Baca juga: Begini Kesibukan Penyelenggara dan Tim Jelang Balapan MotoGP Mandalika

Sebagai sirkuit baru, kondisi lintasan juga kurang bersahabat bagi pembalap karena masih sempitnya racing line saat itu karena belum banyak karet ban yang menempel di aspal sehingga para pembalap tak mampu mendorong motor mereka mencapai limitnya.

Berkaca dari hasil tes pramusim, Dorna Sports dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di lintasan dan merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan. Penyelenggara dan Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), selaku kontraktor utama pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika, sangat yakin lintasan di Lombok, NTB saat ini siap digunakan untuk menggelar ajang balap MotoGP.

Baca juga: Diggia Anggap Sirkuit Mandalika Rumah Kedua Tim Gresini, Kenapa?

“Jujur, ini berjalan sangat baik. Hasil yang kami dapati dengan pengaspalan ulang ini telah membuat kami sangat yakin kami memiliki hasil sebaik mungkin yang bisa Anda raih dalam waktu yang sangat singkat,” kata General Manager RMI, Simon Gardini seperti dikutip laman resmi MotoGP, Rabu (16/3/2022).

“Semua laboratorium, tes fisik, inspeksi visual dari permukaan lintasan di lapangan, ITDC, MGPA dan R3, semuanya merasa proses itu telah berjalan dengan baik atau lebih baik dari yang kami kira dalam waktu yang singkat itu. Biasanya permukaan seperti ini dikerjakan lebih lama, tiga atau empat bulan sebelum ajang, jadi kami akan menunggu ketika motor-motor tersebut ke lintasan untuk melihat bagaimana hasilnya dalam waktu yang singkat itu.”

JADWAL MOTOGP 2022 DI SIRKUIT MANDALIKA
JUMAT (18/3/2022)
Pukul 10.50 -11.35 WITA: sesi latihan bebas 1 (FP1)
Pukul 15.05-15.50 WITA: sesi latihan bebas 2 (Fp2).

SABTU (19/3/2022)
Pukul 10.50 hingga 11.35 WITA: sesi latihan bebas 3 (FP3)
Pukul 14.25-14.55 WITA: sesi latihan bebas 4 (FP4)
Pukul 15.05-15.45: babak kualifikasi (penentian pole position)

MINGGU (20/3/2022)
Pukul 10.40 WIB: sesi pemanasan
Pukul 15.00 WITA: balapan (race)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya