SOLOPOS.COM - Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita (kanan) secara simbolis menyerahkan tumpeng kepada Ketua LOC pertandingan pembuka Liga 2, Ginda Ferachtriawan, setelah doa bersama pembukaan Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (25/9/2021) sore. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar tumpengan dan doa bersama menjelang Liga 2021 di Stadion Manahan Solo. Sehari jelang Liga 2, PT LIB juga memastikan Stadion Manahan siap untuk menghelat pembukaan sekaligus sebagai venue Grup C.

Seperti diketahui, Stadion Manahan Solo ditetapkan sebagai lokasi pembukaan Liga 2 yang disertai partai perdana Grup C antara Persis Solo vs AHHA PS Pati FC. Selain Persis dan AHHA PS Pati, tim lain yang berlaga di Stadion Manahan adalah  PSIM Jogja, Persijap Jepara, PSCS Cilacap, dan Hizbul Wathan Football Club (HWFC).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertandingan Persis Solo melawan AHHA PS Pati FC digelar pukul 18.30 WIB. Lalu, pertandingan kedua mempertemukan PSCS Cilacap melawan PSIM Jogja pada pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: Prediksi Arema vs PSIS: Singo Edan dalam Tekanan

Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan setelah doa bersama di Stadion Manahan, Sabtu (25/9/2021), mengatakan Liga 2 telah memperoleh rekomendasi dari seluruh stakeholder mulai Minggu (26/9/2021) besok.

“Kami diskusikan lagi dengan federasi dan mengelompokkan berdasarkan aspek geografis dan mengerucutkan tuan rumah saat ini. Skema empat grup babak penyisihan dua putaran, double round robin [turnamen setengah kompetisi],” papar dia.

Ia memerinci venue putaran pertama Liga 2 digelar di Stadion Jakabaring, Palembang (Grup A), lalu Stadion Madya Senayan Jakarta (Grup B), Stadion Manahan Solo (Grup C), dan Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, (Grup D).

Baca Juga: Jadwal Liga 1 Hari Ini: Madura United vs PSS, Arema vs PSIS

 

Daya Tarik

Lalu, pada putaran kedua, lokasi tuan rumah cenderung fleksibel dan dinamis memperhatikan situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Lokasi tuan rumah saat ini bisa dipertahankan menjadi lokasi putaran kedua atau bisa diganti.

Kick-off Liga 2 dari Solo, kami tahu status PPKM di Solo cukup baik. Lokasi putaran dua kami tentukan saat putaran pertama berjalan,” kata dia.

Ia memastikan PT LIB siap menyambut pertandingan yang bakal disiarkan di stasiun televisi maupun live streaming setiap hari. Menurutnya pertandingan sepak bola bakal hadir setiap hari di Indonesia.

Baca Juga: Persis Solo Launching 3 Jersey, Ini Penampakannya

Ia mengakui terjunnya para public figur di klub-klub Liga 2 menjadi daya tarik bagi masyarakat. Pihaknya telah menggandeng Satgas Anti Mafia Bola, Mabes Polri, dalam perhelatan liga kali ini.

“Rencananya Ketua Umum PSSI, Menpora, dan Erick Thohir akan menyaksikan laga perdana. Beliau menyaksikan dengan protokol kesehatan [prokes] ketat seperti Liga 1, ada tambahan pemain dan ofiisial harus telah dua kali vaksin dan swab PCR,” kata dia.

Dirops PT LIB, Sudjarno, mengatakan sponsor Liga 2 masih dalam diskusi akhir. Sehingga dalam pembukaan Liga 2 diprediksi belum ada sponsor liga. Namun, dalam waktu dekat sponsor segera diumumkan.

Baca Juga: Hidupkan Atmosfer Stadion Manahan Solo, Pasoepati Usulkan “Suporter Kardus”
“Memang ada calon sponsor baru yang belum terbiasa di sepak bola khususnya di Liga 2. Maka perlu diskusi panjang, kalau Liga 2 dulu tidak ada nilai jualnya berbeda dengan sekarang,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Stadion Manahan dalam kondisi siap menggelar pembukaan Liga 2. Papan-papan sponsor telah terpasang mengelilingi lapangan. Rumput stadion pun dalam keadaan baik saat dicek PT LIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya