SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video promosi Solo Great Sale 2021 (sologreatsale.com)

Solopos.com, SOLO — Event Solo Great Sale (SGS) 2021 akan dibuka pada Jumat (1/10/2021) dengan acara seremonial yang akan digelar di Stadion Manahan. Sejumlah menteri dijadwalkan mengikuti acara pembukaan itu baik secara langsung maupun virtual.

Ketua Panitia SGS 2021, M Farid Sunarto, mengatakan SGS akan berlangsung selama sebulan. “Nanti [pembukaan] akan ditandai dengan upacara di Stadion Manahan,” jelasnya, Kamis (30/9/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembukaan SGS 2021 dimulai pukul 15.30 WIB itu. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dijadwalkan hadir secara langsung di lokasi.

Baca Juga: Selain Tunggakan Sewa, Ini 16 Masalah Akut di Rusunawa Begalon I Solo

Sedangkan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno rencananya hadir secara virtual. Farid menjelaskan tujuan Solo Great Sale 2021 salah satunya untuk mendorong perekonomian masyarakat di Solo.

“Di masa pandemi, tingkat konsumsi masyarakat rendah, pendapatan rendah sehingga produksi pendapatan rendah. Ini yang kami dorong, namun jangan sampai ada lonjakan kasus Covid-19. Ini memang sulit. Kami tetap mendorong tingkat konsumsi masyarakat tapi prokes [protokol kesehatan] tetap dijaga,” katanya.

Transaksi Nontunai

Untuk itu transaksi pada SGS 2021 diarahkan secara nontunai. Farid mengatakan jumlah tenant SGS 2021 ditargetkan mencapai 20.000. Hingga Kamis (30/9/2021) sudah ada sekitar 12.000 tenant dari pasar tradisional.

Baca Juga: Gelar Aksi, Mahasiswa UNS Solo Ungkit Sederet Tragedi September Hitam

Ada beberapa kategori tenant mulai hotel dan restoran, mal dan pusat perbelanjaan, UMKM dan industri kreatif, bisnis online, dan sebagainya. Farid menjelaskan semua transaksi pada SGS 2021 dilakukan melalui aplikasi Solo Sale Go.

Aplikasi tersebut dapat diunduh di Playstore. “Semua kartu diganti aplikasi itu. Transaksi semua pakai aplikasi tersebut. Tinggal transaksi. Setelah transaksi ada barcode tenant [untuk dipindai]. Setiap orang bisa mengakses,” jelasnya.

Baca Juga: 9 Bulan Setelah Pilkada Solo 2020, Apa Kabar Bagyo Penantang Gibran?

Kategori tenant peserta Solo Great Sale 2021:
– Transportasi
– Hotel & Restaurant (68)
– Mall dan Pusat Perbelanjaan (523)
– Pasar Tradisional ( +Pasar Ikan ) (11.813)
– UMKM dan Industri Kreatif , Bisnis Online (32)
– Edukasi, Kursus & Pelatihan (3)
– Komputer, Gadget, dan Elektronik (1)
– Properti, Real Estate, Material Building & Equipment (1)
– Bisnis & Jasa Keuangan
– Pariwisata, Tour & Entertainment (1)
– Health & Beauty (4)
-Energi & Sumber Daya Alam
– Ritel & Pertokoan (3)
– Lain-lain (Other) (5)

Sumber: Aplikasi Solo Sale Go.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya