SOLOPOS.COM - Lansekap bangunan Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (16/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Keluarga Pura Mangkunegaran Solo menginformasikan akan membuat pengumuman resmi pada Selasa (1/3/2022) pukul 10.30 WIB. Belum diketahui pasti soal apa pengumuman resmi tersebut.

Kuat dugaan, pengumuman itu terkait nama sosok pemimpin baru Pura Mangkunegaran penerus KGPAA Mangkunagoro IX yang wafat pada Agustus 2021 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Besok Selasa 1 Maret 2022 di emper pendopo timur Mangkunegaran jam 10.30 akan ada pengumuman resmi dari Puro Mangkunegaran,” demikian tulis pesan dari internal Pura Mangunegaran yang tersebar di kalangan wartawan, Senin (28/2/2022) siang.

Baca Juga: Suksesi Mangkunegaran Solo, Ini Tanda Seseorang Dapat Wahyu Keprabon

Seperti diketahui, tampuk kepemimpinan di Pura Mangkunegaran Solo kosong sejak KGPAA Mangkunagoro IX wafat pada 13 Agustus 2021. Karena Mangkunagoro IX tidak meninggalkan wasiat mengenai siapa yang akan menjadi penerusnya, keluarga inti lah yang mesti menentukan melalui rembukan untuk memperoleh kesepakatan.

Rembukan yang dipimpin permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi dimulai setelah peringatan 100 hari wafatnya Mangkunagoro IX, 19 November 2021 lalu. Dalam perjalanan rembukan tersebut, dari informasi yang beredar ada tiga sosok yang dinilai layak menjadi pemimpin baru Mangkunegaran Solo atau KGPAA Mangkunagoro X.

Baca Juga: Walah, Bocoran Wali Kota Gibran soal Suksesi Mangkunegaran Solo Meleset

Tiga sosok itu, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo, dan KRMH Roy Rahajasa Yamin. Paundrakarna merupakan putra sulung Mangkunagoro IX dari istri pertamanya, Sukmawati Soekarnoputri, yang lahir sebelum Mangkunagoro IX jumeneng.

Di sisi lain, Bhre merupakan putra Mangkunagoro IX dengan permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi. Sedangkan Roy merupakan cucu Mangkunagoro VIII yang juga cucu Mr Moh Yamin, sahabat Bung Karno.

Baca Juga: Tanpa Ini, Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Tidak akan Punya Otoritas

Dari ketiga nama itu, belakangan beredar informasi kecenderungan calon terkuat mengarah ke Bhre. Hal itu didasarkan fakta bahwa Bhre merupakan putra dari permaisuri. Namun demikian, Paundra juga merasa berhak menjadi pemimpin baru Mangkunegaran Solo dengan statusnya sebagai putra pertama sekaligus anak tertua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya