SOLOPOS.COM - Warga bersama sukarelawan bekerja bakti di lokasi bencana angin kencang di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa/Bambang Haryanto)

Solopos.com, WONOGIRI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri mengimbau seluruh elemen masyarakat mewaspadai potensi angin kencang di awal musim kemarau. Diperkirakan, awal musim kemarau berlangsung pada dasarian ketiga April hingga dasarian pertama Mei 2022.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan periode musim penghujan intensitas tinggi berakhir pada Maret sedangkan musim kemarau dimulai April. Beberapa daerah di Wonogiri berpotensi terdampak angin kencang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Masing-masing daeah tersebut di Kecamatan Baturetno, Giriwoyo, dan Eromoko. Potensi bencana angin kencang harus diantisipasi oleh seluruh masyarakat.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Wonogiri, Tiga Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

“Pohon yang rimbun di dekat rumah dan di pinggir jalan perlu dipangkas. Kalau beban pohon tidak dikurangi, berpotensi menyebabkan kerusakan saat angin kencang datang,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Senin (18/4/2022).

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di BPBD Wonogiri, terdapat 40 kejadian bencana angin kencang di Kabupaten Wonogiri sepanjang tahun 2021.
Bencana alam itu mengakibatkan 49 badan jalan maupun sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Kerugian yang ditimbulkan di tahun 2021 mencapai Rp203,5 juta. Ancaman bencana angin kencang tak bisa dianggap sepele.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Dua Kecamatan di Wonogiri, Puluhan Rumah Rusak

“Bencana angin kencang harus diantisipasi oleh seluruh masyarakat. Potensi angin kencang muncul saat pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya