[x] close
Berwisata ke Bromo, Jangan Lupakan Pasir Berbisik
Solopos.com|jatim

Berwisata ke Bromo, Jangan Lupakan Pasir Berbisik

Banyak area di kawasan Bromo yang menarik untuk dijadikan objek foto.

Ekspedisi Tol Trans Jawa

Solopos.com, PROBOLINGGO -- Berkunjung ke kawasan wisata Gunung Bromo tak lengkap tanpa menikmati keindahan alamnya dan bermain-main di lautan pasir.

Keindahan dan kemegahan Gunung Bromo mampu menarik pengunjung dari berbagai daerah dan wisatawan asing. Begitu juga tim Ekspedisi Tol Trans Jawa. Tim ekspedisi dari Solopos Group yang bekerja sama dengan Jasa Marga ini juga turut menikmati keindahan alam di kawasan Gunung Bromo.

Tim ekspedisi menyewa mobil Jeep untuk berkeliling menjelajahi lautan pasir yang menghampar seluas 5.250 hektare di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, Sabtu (1/5/2021). Untuk menikmati lautan pasir ini, pengelola telah menyediakan kendaraan khusus seperti Jeep. Setidaknya ada sekitar 900 unit Jeep yang disediakan pengelola.

warga menyiapkan Jeep di Cemoro Lawang, kawasan wisata Bromo. (Damar Sri Prakoso)

Dengan diantar sopir Jeep, Andika, 22, tim ekspedisi mulai mengeksplorasi tempat-tempat menarik di kawasan Gunung Bromo.

Andika mengatakan ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi para wisatawan saat berada di Gunung Bromo. Seperti kawah Gunung Bromo, lautan pasir, pasir berbisik, Bukit Telettubies, padang rumput savana, Pura Luhur Poten, dan lainnya.

Tidak semua destinasi bisa ditempuh menggunakan mobil Jeep, seperti kawah Gunung Bromo. “Kalau untuk naik ke kawah, harus naik kuda. Kemudian naik ke gunung dengan jalan kaki, tapi ada tangganya,” ujar dia.

Kawah Gunung Bromo merupakan destinasi yang patut dikunjungi saat sudah ada di kawasan Bromo. Di sini, pengunjung bisa melihat secara langsung kecantikan kawah Bromo yang masih alami.

Pasir Berbisik

Kemudian destinasi menarik lainnya adalah pasir berbisik. Di lautan pasir ada beberapa titik yang menjadi lokasi pasir berbisik. Pada saat angin berembus cukup kencang, jutaan pasir akan beterbangan dan mengeluarkan suara.

Area pasir berbisik menjadi primadona pengunjung untuk berfoto. (Damar Sri Prakoso)

“Di pasir berbisik, selain bisa mengambil foto dengan angle terbaik dengan latar belakang Gunung Bromo, juga bisa mendengarkan suara bisikan dari pasir yang beterbangan,” jelas dia.

Destinasi selanjutnya yakni Bukit Teletubbies. Di lokasi ini menawarkan pemandangan Gunung Bromo dengan deretan bukit hijau yang menarik untuk dijadikan tempat berburu foto.

Padang rumput savana ini terletak di sebuah lembah hijau yang dikelilingi tebing menjulang tinggi. Padang rumput ini sangat luas dan indah.
Berikutnya yaitu Pura Luhur Poten. Ini merupakan tempat ibadah umat Hindu. Lokasinya persis di dekat Gunung Bromo. Mobil Jeep tidak bisa masuk ke kawasan ini. Namun, pengunjung bisa menuju lokasi dengan berjalan kaki maupun naik kuda. Banyak persewaan kuda di kawasan itu.

Selanjutnya ada Bukit Metigen View. Lokasi ini berada atas lautan pasir Bromo. Di Bukit Metigen ini, pengunjung bisa menikmati Gunung Bromo dan lautan pasir dari atas. Pengunjung akan melihat pergerakan mobil Jeep dan aktivitas di lautan pasir dari atas. Untuk menikmati pemandangan dari Bukit Metigen ini, pengunjung tidak perlu menyewa mobil Jeep. Hanya perlu berjalan kaki atau naik kendaraan pribadi.

Gunung Bromo terlihat dari kawasan Metigen View. (Damar Sri Prakoso)

Sebenarnya masih banyak lokasi-lokasi menarik yang bisa dikunjungi di kawasan Gunung Bromo. Pengunjung bisa datang langsung ke kawasan wisata ini dan menikmati keindahan alamnya. Terlebih saat ini sudah tersambung Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Probolinggo. Jarak kini sudah tidak menjadi alasan. Melalui jalan tol, jarak tempuh bisa dipersempit. Surabaya ke Probolinggo hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Padahal melalui jalan nasional bisa mencapai tiga jam.

Sebagai tambahan informasi, akses Internet di kawasan Gunung Bromo juga bisa diandalkan dan sudah 4G. Untuk itu, bagi pengunjung yang ingin live di sosial media bisa datang ke lokasi ini.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago