SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung sedang menikmati soto daging di Warung Soto Triwindu, Solo, yang legendaris, Kamis (31/3/2022) pagi. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Para penggemar karya kuliner soto di Kota Solo tentu tidak begitu asing dengan Warung Soto Triwindu yang menjadi langganan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warung legendaris ini terletak di pinggir Jl. Teuku Umar Keprabon, Banjarsari.

Presiden Jokowi sering mampir ke warung itu bersama keluarganya, bahkan sebelum dia menjabat sebagai Wali Kota Solo. Hal itu disampaikan Sri Suwati, 62, generasi ketiga pengelola Warung Soto Triwindu saat berbincang dengan Tim Ekspedisi Surga Kuliner Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ekspedisi kuliner ini merupakan hasil kerja sama Solopos Media Group (SMG) dengan OVO dan didukung RM Adem Ayem Solo. OVO yang merupakan bagian dari ekosistem Grab membantu pengusaha kuliner menjadi bagian ekonomi digital. Terlebih dengan adanya layanan pesan antar kuliner yang mencakup berbagai makanan khas Solo melalui GrabFood. Tim ekspedisi mendatangi 16 destinasi wisata kuliner Kota Bengawan, salah satunya Warung Soto Triwindu.

Baca juga: Gurihnya Serabi Notosuman Kuliner Khas Solo yang Legendaris

Langganan Presiden Jokowi

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Solo, jangan sampai melewatkan warung soto legendaris yang satu ini. Bukan hanya menjadi langganan keluarga Presiden Jokowi, warung itu ternyata telah beroperasi sejak 1939. Jika dihitung, usia warung soto tersebut sudah 83 tahun. “Saya generasi ke tiga yang meneruskan usaha warung ini,” ujar Sri Suwati, 62, Kamis (31/3/2022).

Menurut dia Presiden Jokowi kali pertama datang ke Warung Soto Triwindu Solo saat ketiga anaknya masih kecil. “Pak Jokowi belum jadi Wali Kota sudah ke sini. Mas Gibran, Mbak Kahiyang, Mas Kaesang masih kecil-kecil,” kata Wati, panggilan akrabnya.

soto langganan presiden jokowi
Soto daging sapi di Warung Soto Triwindu, Solo, yang legendaris, Kamis (31/3/2022) pagi. (Solopos.com/Kurniawan)

Dia mengaku bangga Jokowi ternyata tidak melupakan rasa khas Soto Triwindu kendati sudah menjadi presiden. Hal itu terbukti dari kedatangan Jokowi di warung itu pada 2019. Menu favorit Jokowi dan Iriana yaitu soto daging-kikil.

Warung legendaris di Kota Solo ini memang hanya menyediakan soto. Anda bisa menikmati soto lezat tersebut dengan aneka olahan jeroan seperti empal, lidah, paru, iso, limpa, babat, otak, dan kikil. Ada juga aneka gorengan yang enak, mulai dari bakwan udang, tempe, tahu, lentho dan perkedel. Untuk menambah cita rasa, pengunjung bisa menambahkan karak atau kerupuk.

Baca juga: Sate Kere, Kuliner Solo Favorit Presiden Jokowi yang Kaya Rasa

Harga satu porsi soto daging Triwindu dibanderol Rp16.000, sedangkan jeroan Rp17.000. Sementara harga satu gorengan hanya Rp3.000, sehingga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Walau telah berusia tua, Warung Soto Triwindu Solo ternyata sudah menyediakan layanan pembayaran digital mengunakan QRIS.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS. Pembayaran melalui QRIS bisa dilakukan dengan berbagai pilihan fasilitas mulai dari mobile banking hingga dompet digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya