SOLOPOS.COM - Pantai Mengganti (Instagram/@ruli_anto)

Solopos.com, KEBUMEN — Pulau Jawa terbentuk dari aktivitas tumbukan lempeng Hindia-Australia yang bergerak relatif ke utara dengan lempeng Eurasia yang relatif diam sehingga menyebabkan terbentuknya jalur gunung api (volcanic belt), baik yang masih aktif maupun Gunung Api Purba.

Aktivitas vulkanik yang sudah terjadi sekitar ratusan juta yang lalu ini terlihat dengan ditemuinya gunung api yang tersebar luas di daratan pulau Jawa dan juga di dalam laut, salah satunya gunung api purba laut di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/2/2022), tepatnya di Dome Karangbolong, Selatan Kebumen banyak dijumpai batuan gunung api purba yang masuk dalam Formasi Gabon (Tomg) dan Dike Andesite (Tma). Beberapa di antaranya tidak diketahui umur dan asal muasal kantong magmanya.

Baca juga: Baby Volcano dan Bledug Kuwu di Grobogan, Sama Atau Beda?

Ahli Geologi universitas Jendral Soedirman, Fadin mengatakan bahwa batuan gunung api Lava Basalt, Mengganti merupakan batuan dari hasil erupsi gunung api purba bawah laut yang diduga berumur Oligosen-Miosen atau berumur sekitar 35-25 juta tahun. Keberedaan gunung purba di wilayah cincin api ini diyakini sebagai cikal bakal aktivitas gunung api di Pulau Jawa yang kemudian tertutup oleh batuan karbonat berupa batu gamping.

Menurut dia, lava basalt yang berada di Tanjung Karangbata, Pantai Mengganti merupakan batuan beku ekstrusif hasil erupsi gunung api purba bawah laut yang memiliki sifat yang basaltic atau dengan kata lain tersusun atas mineral mineral mafik seperti plagioklas Ca, olivin dan piroksen (ortho-piroxen), di mana mineral-mineral tersebut banyak membawa unsur-unsur seperti Ca, Mg dan Fe.

Dia menjelaskan, penelitian yang dilakukan berupa pemetaan geologi pada daerah penelitian gunung api purba dengan beberapa analisis meliputi geomorfologi, vulkanostratigrafi, struktur geologi, dan sejarah geologi.

Baca juga: Gurihnya Ikan Jendil, Makanan Khas Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah

Dalam penelitian ini dilakukan juga analisis komposisi mineral dan geokimia lava basalt di Tanjung Karangbata untuk mengetahui karakteristik dari lava basalt tersebut. Lava basalt inilah yang diduga sebagai cikal bakal atau kegiatan gunung api purba Menganti pertama kali.

Secara administrasi, daerah penelitian termasuk dalam Kecamatan Ayah yang meliputi Desa Argopeni, Desa Karangduruwur, Desa Srati dan Desa Argosari. Secara regional, lokasi penelitian masuk ke dalam pegunungan Serayu selatan. Lantara lokasinya berada di pantai, beberapa bagian gunung api purba di selatan Kebumen ini terancam punah karena gempuran ombak  pantai selatan. Selain itu juga dikhawatirkan akan punak karena ulah manusia.

Sebab itu, Fadlin mengusulkan agar dibangun geowisata sebagai kegiatan pelestarian berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk mendorong pemahaman akan lingkungan hidup dan budaya, apresiasi dan konservasi serta kearifan lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya