top ear
Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi Covid-19 di Jl. Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). (Antara)
  • SOLOPOS.COM
    Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi Covid-19 di Jl. Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). (Antara)

Berubah Signifikan, Ini Update Zonasi Covid-19

Sebanyak 360 kabupaten/kota atau 70% dari seluruh kabupaten/kota saat ini berada di zona oranye risiko penularan Covid-19.
Diterbitkan Selasa, 27/10/2020 - 22:45 WIB
oleh Solopos.com/Aprianus Doni Tolok
2 menit baca

Solopos.com, JAKARTA — Peta Zonasi Risiko Nasional Covid-19 menunjukkan perubahan signifikan ke arah yang lebih baik per 25 Oktober 2020. Kenyataan itu dikemukakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Perubahan signifikan zonasi risiko Covid-19 itu tampak jika dibandingkan dengan pekan lalu atau 18 Oktober 2020. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengatakan daerah yang masuk zona merah atau zona risiko tinggi berjumlah 20 kabupaten/kota atau menurun dari sebelumnya 32 kabupaten/kota.

“Namun, masih sama dengn pekan-pekan sebelumnya, ternyata sebanyak 360 kabupaten/kota atau 70% dari seluruh kabupaten/kota saat ini berada di zona oranye,” kata Wiku.

CL Umumkan Akan Comeback 29 Oktober

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan pada pekan sebelumnya atau 18 Oktober 2020 jumlah daerah dalam zona oranye hanya 344 kabupaten/kota.

Kemudian, terdapat delapan kabupaten/kota yang melaporkan tidak ada penambahan kasus baru pada pekan ini. Namun, angka tersebut turun jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang mencapai 12 kabupaten/kota.

Tanpa Kasus Baru

“Empat kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus baru, di pekan ini berpindah ke zona oranye yaitu Bengkulu Selatan di Bengkulu, Tojo Una Una di Sulawesi Tengah, Pulau Taliabu di Maluku Utara, dan Mamberamo Tengah di Papua,” papar Wiku.

Idap Anxiety, Jeongyeon Twice Hiatus

Kemudian, sambungnya, dua kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus baru, pekan ini berpindah ke zona kuning yakni Lembong di Bengkulu dan Lingga di Kepulauan Riau.

Selain itu, jumlah kabupaten/kota yang tidak terdampak Covid-19 pada pekan ini juga menurun menjadi 12 jika dibandingkan dengan pekan lalu 13 kabupaten/kota.

Natuna di Kepulauan Riau yang semula tidak terdampak Covid kini bergeser ke zona kuning.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Editor : Profile Rahmat Wibisono
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #virus corona #COVID-19

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini