SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan senam. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL — Jumlah pasien Covid-19 dari klaster senam di Mbelan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul terus bertambah. Data terakhir hingga Kamis (14/10/2021), tercatat 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro, Tarsisius Glory, menyampaikan tambahan lima kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga total pasien Covid-19 dari klaster senam adalah 14 orang. “Kami sudah menggelar uji swab PCR terhadap orang yang kontak erat. Dari 13 yang menjalani tes, ada lima yang positif,” kata Glory, Kamis (14/10/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Muncul Klaster Baru Covid-19 di Bantul, Dari Kegiatan Senam Sehat

Saat ini, lanjut Glory, tiga orang dari 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC). Sebanyak tiga orang itu mengalami gejala tertentu.

“Untuk itu kami rujuk mereka ke RSLKC,” jelasnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa, menyampaikan kasus lain di Sanden. Oki, panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa, mengungkapkan klaster tilik muncul seusai salah seorang warga menjalani operasi di RS Bethesda Kota Jogja.

Baca Juga : Klaster Tilik Muncul di Bantul, 9 Warga Positif Covid-19

Warga itu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Pihak rumah sakit meminta pasien tersebut menjalani isolasi mandiri. Sayangnya, warga sekitar pasien itu menjenguk.

Di sisi lain, keluarga tidak terbuka menyampaikan bahwa pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Alhasil petugas melaksanakan tes swab PCR Covid-19 kepada 34 orang yang menjenguk. “Hasilnya 8 positif,” ungkapnya.

Baca Juga : 7 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Tilik Bantul Dipindahlan ke RSLKC

Saat ini, puskesmas Sanden sedang melaksanakan tes swab PCR Covid-19 terhadap 22 orang. Mereka itu kontak erat keluarga delapan pasien Covid-19 dari klaster tilik di Gokerten, Srigading, Sanden. “Dan, saat ini mereka dijadwalkan menjalani tes swab PCR di Puskesmas Sanden,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya