SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi STNK (JIBI/Kabar24)

Seorang pria asal Solo ketahuan berpura-pura menjadi anggota TNI saat mengurus STNK di Boyolali.

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang pria asal Solo, TJH, 32, kena batunya setelah ketahuan berpura-pura menjadi anggota TNI demi memuluskan proses pengurusan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Kantor Satlantas Polres Boyolali. Warga Serengan, Solo, ini harus berurusan dengan Kodim 0724/Boyolali.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (6/11/2017), pria itu pada pekan lalu datang ke Kantor Satlantas Polres Boyolali untuk mengurus STNK-nya yang hilang. Dia sengaja mengaku anggota TNI AD agar dipermudah dalam mengurus STNK tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

TJH mendatangi petugas bagian penerbit STNK di Satlantas Boyolali. Karena ingin lebih cepat dalam proses pengurusan STNK itu, TJH yang berambut cepak itu bergaya layaknya anggota TNI. Agar lebih meyakinkan, dia juga mengenakan pakaian dan sepatu dinas lapangan (PDL).

Sementara itu, merasa ada yang janggal, petugas Satlantas melapor kepada atasannya yang kemudian diteruskan ke Satuan Intelkam Polres Boyolali dan ke Kodim 0724/Boyolali. Pasi Intel Kodim 0724/Boyolali Kapt (Inf) Toni Hidayanto mewakili Dandim Letkol (Arh) Nova Mahanes Yudha mengatakan anggota Provos Kodim langsung mendatangi Kantor Satlantas begitu mendapat laporan.

“Orang itu kami jemput di Mako Satlantas dan kami bawa ke Kodim untuk dimintai keterangan,” ujar Toni, Senin.

Menurut Toni, berdasarkan keterangan yang diperoleh, TJH memang sengaja menyaru sebagai anggota TNI agar dipermudah dalam mengurus surat-surat kendaraan bermotor. Namun, karena surat yang diurus adalah STNK sepeda motornya sendiri, TJH tidak ditahan.

Dia hanya dikenai wajib lapor. “Wajib lapor dua hari sekali selama sebulan sambil menunggu pendalaman informasi mengenai yang bersangkutan. Atribut yang berkaitan dengan militer diserahkan ke Kodim. Saat dimintai keterangan, yang bersangkutan kooperatif,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya