SOLOPOS.COM - Penulis Langit Kresna Hariadi. (Instagram/@langit_kh)

Solopos.com, SOLO-Tidak banyak orang tahu mengenai profil penulis novel Gajah Mada, Langit Kresna Hariadi, yang meninggal dunia pada Senin (30/5/2022). Penikmat buku hanya mengenalnya melalui sejumlah karya-karyanya.

Kabar duka  tersebut salah satunya dibagikan oleh Penerbit Surya Pustaka Ilmu melalui akun Instagramnya pada Senin malam. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga husnul khatimah. Pengarang Langit Kresna Hariadi. Karya karyamu selalu di hati kami. Turut berduka cita sedalm dalamnya,” demikian tulis Penerbit Surya Pustaka Ilmu dikutip Solopos.com pada Senin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mewariskan banyak karya dalam dunia sastra dan literasi, profil Langit Kresna Hariadi rasanya juga patut kita ketahui. Dikutip dari berbagai sumber, pria kelahiran Banyuwangi 24 Februari 1959 ini adalah seorang penulis roman Indonesia. Mantan penyiar radio ini dikenal masyarakat luas dengan cerita roman Gajah Mada yang menceritakan kisah dari Patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Almarhum adalah mantan wartawan Harian Umum ABRI yang merupakan perubahan nama harian Angkatan Bersenjata Biro Yogyakarta, yang sejak masa reformasi koran militer ini tidak lagi terbit. Almarhum adalah pemilik Satya Lencana Kebaktian Sosial, anugerah Presiden Megawati karena jasa-jasanya yang luar biasa di bidang kemanusiaan melalui donor darah lebih dari 150 kali.

Baca Juga: Kabar Duka, Langit Kresna Hariadi Meninggal Dunia

Semasa hidupnya almarhum telah menghasilkan banyak karya sastra. Mengutip laman umm.ac.id pada Senin, ada sejumlah karyanya selain Gajah Mada antara lain Balada Gimpul yang diterbitkan Balai Pustaka Jakarta, lalu Kiamat Para Dukun (diterbitkan oleh PT Era Intermedia), lalu Libby1, Libby 2, De Castaz, Alivia, Melibas Sekat Pembatas, Antologi Manusia Laminating, yang masing masing diterbitkan oleh Qalam Press.

Sedangkan profil Langit Kresna Hariadi dalam kehidupan pribadi yaitu diketahui memiliki satu istri bernama Rina Riantini dan dua anak. Mereka adalah Poundra Swasty Ratu dan Amurwa Praduya. Selain itu, almarhum juga memiliki tiga cucu yaitu Ariella Maharani Toutounov, Haura Aleesha Mahreen, dan Naura Azzahra Mahreen.

Baca Juga: Langit Kresna Hariadi Nikahkan Anak Secara Virtual

Berdasarkan unggahan Penerbit Surya Pustaka Ilmu tersebut diketahui bahwa penulis Gajah Mada itu meninggal dunia di rumah duka yang beralamat di Perumahan KCVRI No. 69 RT 001 RW 017 Jaten Karanganyar pada Senin pukul 17.05 WIB.

Pemakaman jenazah akan dilakukan pada Selasa (31/5/2022) pada pukul 13.00 WIB. Jenazah akan dimakamkan di Makam Payaman Bulu, Jaren, Karanganyar.

Baca Juga: Serbu Samudera Pasai, Gajah Mada Khianati Sumpah Palapa?

Ungkapan duka juga dicuitkan sejumlah warganet di jagat Twitter pada Senin malam. “Berita duka bagi dunia sastra dan literasi Indonesia. Telah pulang ke rahmatullah, sastrawan Langit Kresna Hariadi, Senin, 30 Mei 2022, 17.05 di Karanganyar. Semoga amal beliau diterima di sisi Allah SWT dan semua buku-bukunya menjadi amal jariyah yang bisa kita baca,” tulis @SuhairiAhmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya