SOLOPOS.COM - Tim E-Sports SMA Batik 1 Surakarta menorehkan prestasi.

Solopos.com, SOLOSiapa sih yang tidak mengenal E-sports? E-sports adalah jenis olahraga berbasis peralatan elektronik seperti komputer, smartphone, dan konsol game seperti PlayStation. E-sports ini tak hanya digandrungi oleh remaja-remaja zaman sekarang, tapi juga orang yang sudah berumur.

Ada banyak E-sports yang dikompetisikan di seluruh dunia, baik dalam format turnamen dari skala kecil, maupun turnamen dari skala besar hingga komunitas sampai kejuaraan dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melihat gim sekarang ini bukan hanya sekadar media untuk hiburan tapi sudah menjadi bagian dari cabang olahraga yang bisa mendulang prestasi dan menjadi profesi. Untuk itu, SMA Batik 1 Surakarta (Smabasa) menghadirkan ekstrakulikuler E-sport.

Meskipun termasuk ekstrakulikuler yang baru, tim E-Sports SMA Batik 1 telah mendulang berbagai prestasi di antaranya juara 1 HTC Student E-Sports Mobile Legend Tournament Tingkat Kota Solo 2022; juara 2 Super E-Sports Mobile Legend Student Competition 2022; Piala Rektor UPGRIS Kompetisi E-Sports Tingkat Nasional 2022; dan sederet prestasi lainnya.

Salah satu siswa SMA 1 Batik Surakarta sekaligus anggota tim E-Sports Smabasa, Rafa Atanaska juga tak kalah menorehkan prestasi seperti menjadi juara 3 Mobile Legend Kejurda E-Sports Jawa Tengah 2022. Bersama rekannya, Dimas Satria, Rafa juga pernah menyabet juara 1 tingkat Kota Solo dan tingkat Jawa Tengah.

Menurut Rafa Atanaska, selama memiliki motivasi untuk berprestasi, sebenarnya bermain gim itu bukanlah hal yang buruk. Karena banyak juga pelajaran yang diperoleh melalui bermain gim, di antaranya tentang kekompakan, koordinasi, mengatur strategi, dan bagaimana berpikir cepat.

Meskipun demikian, menyeimbangkan antara bermain dan belajar pelajaran lainnya juga merupakan keharusan. Bila hanya sekadar hobi jangan sampai bermain gim membuat lalai belajar. Tapi misal memang ingin ditekuni maka jangan hanya main-main saja.

“Tim E-Sports Smabasa rutin latihan intensif. Bahkan pernah latihan saat akhir pekan sampai menginap di rumah salah satu anggota. Dengan rutin berlatih diharapkan bisa membangun kepercayaan diri serta kekompakan mereka sehingga bisa saling berkoordinasi secara maksimal disaat bertanding,” ujar Ade Prabowo, selaku Pembina tim E-Sports Smabasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya