SOLOPOS.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir, saat meninjau salah satu pelaku UMKM binaan BRI. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei nasional Poltracking Indonesia menempatkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik.

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick mencapai 59,4 persen atau tertinggi kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai hal ini tak lepas dari komitmen Erick dalam mendorong BUMN untuk selalu mendukung UMKM.

Huda mengatakan peran BUMN memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan UMKM dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Lindungi Petani dari Resesi, Erick Siapkan BUMN Jadi Off Taker Hasil Panen

“Sekarang ini permodalan menyasar ke UMKM cukup banyak. Dari BUMN juga banyak bantuan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Kita harus apresiasi hal tersebut,” ujar Huda di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Huda mengatakan Erick Thohir juga mendorong BUMN aktif membentuk ekosistem dengan banyak pihak dalam memperkuat dan meningkatan daya saing UMKM. Huda menyebut penguatan ekosistem berdampak luas bagi upaya mendorong UMKM agar naik kelas.

“Ini hasil kerja bersama pemerintah dengan andil BUMN dalam pengembangan UMKM yang relatif tinggi,” ucap Huda.

Menurut Huda, kondisi BUMN yang lebih sehat juga menjadi faktor di balik kontribusi BUMN terhadap UMKM dan pembukaan lapangan kerja.

Baca Juga: Transisi Energi, Erick Thohir Beberkan Alasan Indonesia Tak Tiru Negara Lain

“BUMN era Erick Thohir bisa dibilang cukup efektif dengan peningkatan pendapatan,” kata Huda.

Ia menilai perbaikan kinerja BUMN berasal dari berbagai terobosan yang dilakukan Erick, salah satunya melalui akselerasi transformasi dan digitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya