SOLOPOS.COM - Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (29/6/2021). (Bisnis-Fanny Kusumawardhani)

Solopos.com, JAKARTA – Setelah melemah tajam pada dua sesi terakhir seiring dengan tekanan bursa global, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada Rabu (11/5/2022).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG menutup perdagangan dengan anjlok 1,30 persen atau 89,96 poin sehingga parkir di level 6.819,79 pada perdagangan Selasa (10/5/2022).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Sepanjang sesi, IHSG bergerak pada rentang 6.662,61 – 6.832,09. CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan tekanan yang terjadi dalam pergerakan IHSG saat ini terlihat masih dipengaruhi oleh sentimen dari pergerakan market global dan regional yang sedang berada dalam tekanan.

“Sehingga pola gerak market masih terlihat memiliki potensi tertekan dalam jangka pendek,” jelasnya.

Namun, selama support level terdekat dapat dipertahankan maka momentum ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target trading harian. William memprediksi IHSG bergerak di rentang 6.636-6.888 pada hari ini.

Baca Juga: Berpotensi Rebound, Cek Pergerakan IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini

Rekomendasi saham pilihannya ialah UNVR, ITMG, TLKM, KLBF, BBNI, AKRA, WIKA. Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper menyampaikan IHSG ditutup melemah masih diakibatkan kekhawatiran investor akan inflasi secara global yang akan lebih membahayakan dibandingkan perkiraan.

Dennies mengungkapkan menjelang akhir sesi kedua ada perlawanan dari daya beli sehingga pelemahan yang terjadi tidak sejauh pada sesi pertama.

Adapun pada perdagangan hari ini, Dennies memprediksi IHSG menguat setelah mengalami pelemahan berturut-turut selama dua hari perdagangan setelah libur panjang Lebaran.

Dia menjelaskan secara teknikal candlestick, IHSG hanging man pada area support mengindikasikan potensi rebound. “Penguatan akan didukung aksi bargain hunting dimana saham-saham berkapitalisasi besar sudah menyentuh level oversold,” jelasnya.

Baca Juga: Saham BRI dan Bank Mandiri Menjadi Penggerak IHSG hingga Mei 2022

Di sisi lain, Dennies menyampaikan saat ini pasar saham mulai memasuki periode rilis kinerja emiten per kuartal I/2022.

Untuk perdagangan Rabu (11/5/2022), Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak dengan support 6.710 dan 6.601 serta resistance 6.880 dan 6.941. Sejumlah saham yang dapat dicermati ialah MEDC, PGAS, INDF.

Sebelumnya, IHSG kembali tertekan pada perdagangan Selasa, (10/5/2022), melanjutkan penurunan tajam kemarin akibat tekanan sejumlah faktor eksternal.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada menuturkan, penurunan pasar saham tersebut seiring dengan melemahnya sejumlah bursa saham global sepanjang libur Lebaran.

“Pelemahan tersebut karena imbas market global,” ujar Reza saat dihubungi Bisnis, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: GoTo Ambil Saham Baru Rp2,6 Triliun, Ini Tujuannya

Selain itu, ada faktor kekhawatiran publik terhadap serangan Covid-19 di sejumlah negara lain, serta adanya ancaman hepatitis pada anak yang turut membuat pelaku pasar khawatir.

Dia memperkirakan level support IHSG akan berada di kisaran 6.785-6.823, sedangkan resistance di 7.000-7.085.

“Semoga pelaku pasar tidak terlalu panic selling seiring masih adanya sentimen positif dari membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan rilis kinerja laporan keuangan emiten periode kuartal I/2022,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia yang diukur berdasarkan besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal I/2022 atas dasar harga berlaku mencapai Rp4.513 triliun, sementara berdasarkan harga konstan mencapai Rp2.819,6 triliun.

“Tingginya pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2022 selain karena pulihnya aktivitas masyarakat juga karena ada low based effect pada kuartal I/ 2021,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (7/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya