SOLOPOS.COM - Gerbong kereta panoramic. (Kai.go.id)

Solopos.com, SOLO —Kereta Panoramic akan memberikan pengalaman baru bagi pencinta kereta api. Kereta akan beroperasi setiap Jumat dan Minggu.

Kereta Panoramic kembali diopersikan setelah menjalani beberapa evaluasi dari perjalanan sebelumnya di masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 kemarin.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar, menyampaikan Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama. Keteta ini adalah yang kali pertama ada di Indonesia.

“Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan,” kata dia dalam rilis, Senin (30/1/2023).

Ilud menyampaikan, dalam pengoperasian Kereta Panoramic direncanakan berjalan dengan pola perjalanan yang sama dengan kereta wisata lainnya. Dimana perjalanan Kereta Panoramic akan ada dua pola perjalanan, yakni Pola FIT (Perorangan) dan Pola Charter atau sewa.

Saat ini Kereta Panoramic ada dua rangkaian, dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak 38 seat (tempat duduk), dari sebelumnya ada 46 seat. Menurutnya, perubahan atau pengurangan seat tersebut adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan.

Diharapkan para penumpang dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan. Dengan rute yang ada, penumpang dapat melihat pemandangan alam dan pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela Kereta Panoramic yang besar.

Ilud menambahkan, Kereta Panoramic juga ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) kepada para penumpang Kereta Panoramic.

Untuk keamanan bagasi, setiap penumpang nantinya akan diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas.

Perjalanan Kereta Panoramic pada bulan Februari 2023 akan berjalan di akhir pekan dengan tarif sekitar Rp350.000 untuk yang dirangkaikan dengan Kereta Api Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP) dan sekitar Rp1.120.000 untuk yang dirangkaian dengan KA Argo Wilis dengan relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP).

Adapun jadwal keberangkatan Kereta Panoramic sebagai berikut:

  1. KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) keberangkatan Gambir pukul 04.55 WIB dan tiba di Bandung pukul 07.52 WIB (setiap hari Jumat).
  2. KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) keberangkatan Bandung pukul 08.15 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 18.10 WIB (setiap hari Jumat).
  3. KA Argo Wilis Panoramic (5Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB dan tiba di Bandung pukul 17.25 WIB (setiap hari Minggu).
  4. KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc) keberangkatan Bandung pukul 18.15 WIB dan tiba di Gambir pukul 21.19 WIB (setiap hari Minggu).

Bagi masyarakat dan para penumpang yang akan bepergian menggunakan Kereta Panoramic dapat melakukan pemesanan tiket Kereta Panoramic Argo Parahyangan dan Kereta Panoramic Argo Wilis dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Sedangkan untuk pemesanan atau pola charter atau sewa dapat menghubungi Miss Veronika di Nomor +62811 1220 7206, Miss Rizka +62 811 1220 7207 dan Mr. Tiko +62811 1220 7209.

Ilud menambahkan, dalam setiap perjalanan para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi. Penumpang jugu menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta serta panorama yang indah dan menyenangkan.

Diketahui, pada periode Angkutan Nataru 2022/2023, KAI menghadirkan kereta Panoramic sebagai upaya peningkatan pelayanan. Selain itu, kereta ini digunakan sebagai kereta tambahan KA Taksaka rute Gambir–Yogyakarta (PP).

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, sebelumnya mengatakan selama masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, tiket Kereta Panoramic keberangkatan pukul 12.00 WIB telah terjual sebanyak 84% atau 581 kursi dari total kapasitas sebanyak 690 kursi. Sedangkan untuk keberangkatan pukul 21.40 WIB telah terjual sebanyak 65% atau 478 kursi dari total kapasitas sebanyak 736 kursi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya