SOLOPOS.COM - Ilustrasi kopi single origin dari Indonesia. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO – Kabupaten Mandailing Natal di Sumatra Utara dikenal dunia sebagai produsen kopi dengan cita rasa istimewa, namun dalam beberapa tahun terakhir Mandailing Natal justru dikenal karena tanaman ganja.

Keberhasilan kopi arabika dari Mandailing Natal meraih jawara dalam kontes kopi bertajuk Specialty Coffee Association of America Expo ke-28 yang diadakan di Atlanta, Amerika Serikat, pada 2016, membuktikan cita rasa kopi Nusantara mampu bersaing di level dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kopi yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal memiliki karakter rasa kuat dengan tingkat keasaman medium dan wangi aroma floral khas yang jarang ditemui pada jenis kopi lain. Setelah menyeruput kopi ini ada rasa manis dengan sensasi rasa buah yang tertinggal di mulut atau aftertaste.

Kopi dari Mandailing Natal cocok dinikmati oleh mereka dengan masalah lambung sensitif. Perpaduan rasa manis dan asam dari kopi ini tidak terlalu tinggi. Kopi arabika dari Mandailing Natal kerap incaran masyarakat dunia karena jumlahnya yang kian terbatas. Kisah lengkap bisa dibaca di Mendunia karena Kopi, Mandailing Natal Justru Jadi Ladang Subur Ganja.

Pemerintah mengeluarkan persyaratan baru dalam praktik jual-beli rumah atau tanah. Kini praktik jual-beli rumah atau tanah itu wajib melampirkan kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Akun Twitter resmi Kantor Pertanahan Kabupaten Jepara pada Jumat (18/2/2022) mengumumkan aturan baru terkait jual-beli rumah atau tanah itu. Setiap permohonan pelayanan pendaftaran peralihan hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun karena jual beli harus dilengkapi dengan fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Belum Terkaver BPJS Kesehatan, 44 Juta Jiwa Tak Bisa Beli Rumah? 

Tim Satuan Tugas Pangan mendapati salah satu produsen yang berlokasi di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, menyimpan 1,3 juta liter minyak goreng. Temuan ini di tengah kondisi masyarakat kesulitan mendapatkan minyak goreng yang langka di pasaran.

Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumatra Utara, Naslindo Sirait, di Medan seperti dilansir Antara, Sabtu (19/2/2022), mengatakan pekerja di gudang tersebut mengatakan minyak goreng bermerek Bimoli itu tidak disalurkan ke pasar karena kebijakan manajemen. Temuan tersebut lantas diserahkan kepada kepolisian untuk didaklanjuti. Data lengkap bisa dibaca di 1,3 Juta Liter Minyak Goreng Ditimbun, Ini Alur Distribusinya di Sumut.

Di Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah terdapat patung monumental. Patung itu terdiri seorang ayah, ibu, dan dua anak yang salah satunya masih digendong. Mereka beradegan hendak pergi jauh.

Si anak pertama mengangkat buku dengan tas selempang di bahu kirinya. Si ibu membawa bungkusan sambil menggendong anaknya yang masih balita. Sementara si bapak menenteng tas sambil menatap ke belakang. Seolah-olah ada sesuatu yang berharga yang mereka tinggalkan.

Patung itu bernama patung Bedol Desa. Lokasinya di kawasan yang biasa disebut plaza oleh warga Desa Pokoh Kidul. Patung itu memang dibuat untuk mengabadikan momen bersejarah ketika penduduk puluhan dusun di enam kecamatan pindah ke luar Jawa karena tempat tinggal mereka jadi lokasi pembangunan Waduk Gajah Mungkur. Kisah lengkap bisa dibaca di Patung Bedol Desa Wonogiri dan Peristiwa Bersejarah di Baliknya.

Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, memiliki batik khas bernama batik kebon. Nama batik ini sesuai lokasi produksi bati ini, yakni Desa Kebon di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Batik kebon memiliki ciri khas penggunaan pewarna alami yang kuat.

Batik ini dirintis tak lama setelah gempa dahsyat meluluhlantakkan DIY dan sebagian wilayah Soloraya, termasuk Klaten, pada 2006. Ibu-ibu rumah tangga di Desa Kebon yang bekerja membatik kain pesanan juragan asal Solo, Jogja, dan Klaten, mendadak kehilangan pekerjaan karena gempa. Kisah lengkap bisa dibaca di Kisah di Balik Lahirnya Batik Tulis Kebon Klaten yang Khas.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya