SOLOPOS.COM - Ilustrasi voice over talent (Freepik)

Solopos.com, SOLO  – Dulu, mungkin menjadi seorang pengisi suara atau voice over talent hanya dianggap sebagai pekerjaan sampingan yang tidak menjanjikan.

Namun di era perkembangan teknologi digital saat ini, industri dalam bidang suara kini semakin menjanjikan bahkan dapat menjadi pemasukan tetap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika dilihat dari sejarah, industri voice over ini sangat berhubungan dengan dunia produksi radio atau iklan. Namun, saat ini voice over semakin banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor usaha yang lebih beragam.

Dengan prospek yang menguntungkan, tak jarang banyak orang yang sengaja untuk mengikuti berbagai pelatihan demi menjadi voice over talent yang profesional.

Baca Juga: KKN UNS Tim 310 Kembangkan UMKM di Wonogiri Dengan Pelatihan Bisnis Online

Voice Over itu Apa?

Voice Over merupakan teknik produksi yang menghasilkan rekaman suara dan biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pendidikan sampai komersial. Hingga saat ini, voice over banyak ditemukan pada industri radio dan televisi.

Bukan hanya itu, mengutip salah satu postingan Instagram Voice Institute indonesia yang diunggah pada Rabu (12/1/2022) dikatakan bahwa terdapat berbagai industri yang membutuhkan voice over talent, mulai dari periklanan, video games, kesehatan, perusahaan, penyiaran, entertainment, serta sektor publik.

Voice over dalam hal ini digunakan sebagai media penyampaian berita atau informasi sampai iklan produk atau jasa.

Cara Dapat Uang dari Voice Over

Baca Juga: Asosiasi Bank Syariah Indonesia Bekali Bisnis Online Pelaku UMKM

1. Mempelajari Skill Voice Over

Saat ini, voice over talent menjadi pekerjaan yang banyak diminati masyarakat, khususnya bagi mereka yang tertarik dan menyukai dunia pengisi suara. Namun, sejalan dengan hal itu kompetitornya pun semakin banyak.

Sehingga, penting sekali untuk tetap mempelajari serta mengembangkan skill dasar menjadi seorang voice over talent.

Adapun skill yang setidaknya harus dimiliki seorang voice over talent, meliputi teknik pelafalan, intonasi, tempo, serta karakter suara.

2. Melakukan Demo Suara

Demo suara yang dimaksud disini adalah pembuatan sample suara. Bagi voice over pemula yang belum memiliki alat-alat penunjang perekam suara profesional dapat memanfaatkan studio rekaman untuk menghasilkan kualitas suara yang baik.

Saat membuat sample suara, anda dapat mencobanya dengan berbagai gaya dan karakter. Hasil dari sample suara ini dapat diunggah melalui sosial media. Sehingga, memperbanyak jangkauan orang lain untuk mengetahui bahwa anda membuka jasa voice over.

Baca Juga: Perhatian! Ini Kelebihan dan Kekurangan Bisnis NFT

3.Bergabung dalam Komunitas dan Freelance Voice Over

Perkembangan teknologi memunculkan banyak layanan penyedia jasa yang mempertemukan voice over talent dengan klien melalui satu platform. Dalam hal ini, indovoiceover salah satunya.

Dilansir dari situs resminya, Indovoiceover merupakan perusahaan yang menyediakan fitur system online casting yang mempermudah para voice over talent untuk mengirim sampel suaranya dan memperluas jaringan kerja mereka. Sangat cocok digunakan voice over talent pemula untuk bisa meningkatkan branding dirinya.

4.Membeli Peralatan serta Mempelajari Editing Suara

Setelah mendapatkan beberapa kesempatan untuk bekerja dalam dunia voice over dan menghasilkan uang, ada baiknya anda mulai menabung untuk membeli berbagai peralatan demi menunjang profesionalisme.

Selain itu, perlu juga mempelajari berbagai tahapan editing suara untuk meningkatkan skill yang hasilnya juga akan berpengaruh bagi pendapatan ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya