SOLOPOS.COM - Ilustrasi hamil. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Salah satu cara memiliki buah hati adalah melalui program bayi tabung, namun Anda harus menyiapkan dana yang lumayan besar lantaran biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Simak ulasan selengkapnya di tips kehamilan kali ini.

Program bayi tabung ini bisa dilakukan di negara mana pun, termasuk di Indonesia, tentu saja biaya setiap negara dan rumah sakit penyedia layanan ini juga berbeda-beda.  Jadi, bagi pasangan suami isteri yang hendak mengikuti prosedur ini harus menyiapkan dana terlebih dulu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum mengetahui besaran biaya program bayi tabung, mari kita mengenal program ini terlebih dulu. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Baca Juga: Berapa Usia Ideal untuk Membekukan Sel Telur Seperti Luna Maya?

Mengutip laman alodokter.com pada Minggu (6/2/2022), bayi tabung merupakan program kehamilan berbantu yang dilakukan dengan menggabungkan sel telur dan sperma di luar tubuh.  Ada sejumlah kondisi yang menjadi pertimbangan mengapa ikut program ini, antara lain tuba falopii yang terhalang atau rusak, tuba falopii yang telah diangkat atau sterilisasi, gangguan ovulasi, kegagalan indung telur prematur, endometriosis, miom, gangguan fungsi, bentuk, dan produksi sperma, penyakit genetik, atau alasan infertilitas yang tidak diketahui.

Bayi tabung bisa dikatakan berhasil bila wanita tersebut hamil dan melahirkan bayi yang lahir normal. Hal ini terkadang tidak berhasil dalam sekali tindakan (siklus). Rata-rata dari seluruh wanita yang melakukan program bayi tabung, 30% berhasil hamil dan 25% berhasil melahirkan bayi secara hidup dari seluruh siklus. Namun, perlu diingat keberhasilan ini dipengaruhi oleh usia calon ibu, berat badan, gaya hidup, dan penyebab infertilitas itu sendiri.

Keberhasilan juga dapat meningkat seiring dengan banyaknya siklus yang dilakukan. Salah satu penelitian mengatakan keberhasilan seorang wanita untuk untuk mempunyai bayi setelah 3 siklus tindakan bayi tabung adalah 65%.

Baca Juga: Berapa Biaya Membekukan Sel Telur Seperti Dilakukan Luna Maya?

Lalu berapakah biaya program bayi tabung?  Besaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan prosedur bayi tabung bervariasi, tergantung rumah sakit, obat-obatan yang digunakan, dan jumlah siklus yang harus dilalui. Di Indonesia, biaya prosedur bayi tabung dimulai dengan harga Rp40 juta per siklus. Sedangkan di Malaysia dimulai dengan harga Rp53 juta per siklus, Singapura Rp78 juta  per siklus, dan di Thailand Rp180 juta per siklus. Siapkan dana 20%-30% lebih untuk biaya yang tidak terduga, seperti perawatan efek samping atau komplikasi.

Besaran harga ini hanya sebagai gambaran ya. Perlu diingat setiap rumah sakit tentu menetapkan angka atau nominal yang berbeda-beda tergantung dari jenis pelayanan, teknologi, dan sebagainya.

Sebelum mengikuti program ini, ada serangkaian tes perlu dilakukan sebelum prosedur dilakukan, seperti ovarian reserve testing, analisa semen, pemeriksaan penyakit infeksi menular (misalnya HIV), pemeriksaan rongga rahim, dan percobaan pemindahan embrio tiruan untuk melihat ketebalan rongga rahim dan mencari teknik yang paling sesuai.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya