SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno (kiri), melempar bola saat bermain bocce bersama anak berkebutuhan khusus di Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Senin (7/2/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Sekretaris Daerah atau Sekda Wonogiri, Haryono, bersiap melempar bola berwarna biru. Dia menunggu Alifia Dwi Margareta, anak berkebutuhan khusus siswa SLB BC YMS Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, melempar bola kecil berwarna putih dan bola berukuran lebih besar berwarna merah.

Alifia pertama melempar bola kecil atau palina. Kemudian dia melempar dua bola berukuran lebih besar berwarna biru ke arah palina. Dua bola biru tak mengenai palina, tetapi berhenti di dekat palina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya Sekda mendapat giliran melempar bola besar berwarna merah ke arah palina. Dua bola yang dilemparkannya tak mengenai palina. Posisi bola pun jauh dari palina.

Baca Juga: Kantor Terpadu Pemkab Wonogiri Belum Dibangun, Warga: Jadi atau Tidak?

Kemudian Alifia kembali melempar dua bola dan Sekda juga melempar dua bola. Hasilnya, Alifia dinyatakan menang. Permainannya seru. Penonton bersorak sorai setiap Alifia dan Sekda melempar bola.

Sekda dan Alifia saat itu sedang bermain bocce, olahraga rekreasi gabungan boling dan biliar yang khusus dimainkan penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita, di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Senin (7/2/2022). Bocce kali itu dimainkan dua tim, yakni tim pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri dan tim penyandang disabilitas dari sejumlah SLB.

Tim Pemkab terdiri atas Sekda; Wakil Bupati (Wabup), Setyo Sukarno; dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda, Teguh Setiyono. Sementara, tim penyandang disabilitas terdiri atas Alifia, Galih dari SLBN Wonogiri, dan Aprilia Tri Hapsari dari SLBN Purwantoro.

Baca Juga: Kantor Terpadu Pemkab Wonogiri Senilai Rp400 Miliar bakal Dibangun 2023

Alifia pernah menjadi juara I putri lomba bocce tingkat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI tahun lalu. Sedangkan, Aprilia pernah menyabet juara III lomba bocce tingkat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI 2020 dan juara I lomba yang sama pada 2021.

Setelah Sekda, Wabup bermain melawan Galih, sedangkan Asisten Pemkesra melawan Aprilia. Kedua pejabat itu juga kalah. Poin yang mereka peroleh tak bisa melampaui poin milik Alifia dan kawan-kawan.

Tim Alifia menang karena posisi bola yang dilempar para pemain lebih dekat dengan palina. Setelah bermain, Wabup menyerahkan bingkisan kepada tim penyandang diabilitas yang mengalahkan timnya.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Larang Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru

“Tim Pemkab kalah. Anak-anak yang melawan kami hebat semua,” ucap Wabup seraya tersenyum.

 

PeSONas 2022

Menurut mantan Ketua DPRD Wonogiri itu, permainan bocce menyenangkan dan seru. Dia senang sejumlah penyandang disabilitas Wonogiri menjuarai lomba. Dia mengatakan ajang olahraga dan pentas seni budaya penting untuk para penyandang disabilitas. Melalui ruang itu mereka dapat mengekspresikan diri, sehingga menjadi lebih percaya diri.

Pertandingan eksibisi bocce itu bagian dari kegiatan penyambutan kirab obor Pekan Special Olympics Nastionale (PeSONas) 2022 yang digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Setda Wonogiri, Senin. Obor diserahkan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Solo, Joni Hari Sumantri, kepada Wabup Setyo Sukarno.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Tolak Pasokan Vaksin Johnson and Johnson

Kali pertama penyalaan obor menggunakan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (9/12/2021) lalu. Obor dijadwalkan diarak melewati 42 daerah di Pulau Jawa. PeSONas 2022 akan digelar di Solo. Diharapkan ajang itu bisa menciptakan atlet bertalenta khusus yang akan dikirim untuk mengikuti Special Olympic World Summer Game (SOWSG) di Kota Berlin, Jerman pada 2023 mendatang.

Ketua Umum Special Olyimpic Indonesia (SOIna) Wonogiri, F.X. Pranata, menginformasikan rangkaian kegiatan penyambutan obor PeSONas 2022 digelar selama tiga hari. Pada hari kedua akan akan digelar sosialisasi tentang penyelenggaraan Pesonas dan tentang masyarakat inklusif terhadap penyandang disabilitas intelektual. Pada hari ketiga obor Pesonas 2022 akan diserahkan kepada Pemkab Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya