SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di tangga Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia 1. (Setkab.go.id)

Solopos.com, SOLO – Ibu Negara Iriana Jokowi ternyata menggandrungi salah satu oleh-oleh legendaris asal Kota Solo ini.

Bila pulang kampung ke Kota Solo atau berkunjung ke kota ini pada libur Lebaran 2022, tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke pusat oleh-oleh yang terletak di Jl. Moh. Yamin, Kecamatan Serengan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di tempat ini terdapat oleh-oleh makanan legendaris yang menjadi kegemaran dari ibu negara, Iriana Jokowi. Ya, kuliner tersebut yaitu Serabi Notosuman yang lembut dan manis di mulut. Kuliner ini juga cocok untuk oleh-oleh.

serabi notosuman solo
Sejumlah pegawai Toko Serabi Notosuman Ny Lydia yang beralamat di Jl. Moh. Yamin Nomor 28 Jayengan, Serengan, Solo, sedang bekerja, Rabu (30/3/2022). (Solopos.com/Kurniawan)

Seperti disampaikan pegawai Serabi Notosuman Ny. Lidia, Benyamin, 36, saat diwawancara belum lama ini. “Sebelum pandemi Ibu Iriana dan rombongan, sama cucunya sering ke sini. Cucunya [Jan Ethes] masih kecil,” ujar dia.

Baca Juga: Keseruan Tim Ekspedisi Surga Kuliner Solo Saat Ngeprank Whawin Laura

Menurut Benyamin ibunda dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep itu biasanya datang ke Toko Serabi Notosuman Ny. Lidia bersama rombongan. Di antara mereka ada sosok Gibran Rakabuming Raka.

“Pak Jokowi belum pernah, Bu Iriana sering. Gibran juga sering sama ibunya, sebelum jadi Wali Kota. Kalau Kaesang kelihatannya malah belum pernah. Yang sering Bu Iriana. Terakhir sering makan yang [serabi] rasa orgininal,” urai dia.

Menurut Benyamin, rombongan Iriana tidak hanya memesan serabi rasa original, melainkan juga rasa cokelat. “Di sini hanya ada dua rasa, rasa original pakai santan polos, dan rasa cokelat pakai taburan meses,” kata dia.

Baca Juga: Kuliner Solo, Hangatnya Serabi Notosuman dan Lezatnya Selat Mbak Lies

Selain keluarga Iriana Jokowi, Benyamin menuturkan Serabi Notosuman Ny. Lidia sudah sering dikunjungi para artis. Sebut saja pasangan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar yang dikenal sebagai ikon para anak muda.

Ketika berkunjung ke Toko Serabi Notosuman Ny. Lidia Solo, pasangan itu tidak dikenali lantaran memakai masker dan topi. “Tapi setelah beli di sini mereka mengunggah Serabi Notosuman di media sosial. Banyak yang begitu,” aku dia.

Benyamin lantas menyebut nama mantan atlet basket nasional yang kini aktif sebagai Youtuber, Denny Sumargo yang dikenal sebagai pebasket sombong. Densu, panggilan akrabnya tidak membeli langsung serabi di tokonya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Kekinian, Check This Out…

Tapi kemudian Densu mengunggahnya di media sosial, sehingga diketahui manajemen atau para pegawai Serabi Notosuman Ny Lidia. Ada juga sosok presenter atau pembawa acara program Mata Najwa, yaitu Najwa Shihab.

Presenter yang dikenal dengan gayanya yang lugas dan tajam itu juga menjadi langganan Serabi Notosuman Ny Lidia. “Banyak artis dan tokoh sering mampir ke sini. Bicara kuliner Solo tak lepas dari Serabi Notosuman,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya