SOLOPOS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyampaikan paparan saat menjadi pembicara pada seminar di Kampus IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (5/2/2022). Seminar tersebut bertajuk Strategi Pemerintah Dalam Transformasi Digital dan SDM Menuju Lima Besar Kekuatan Ekonomi Dunia. (Antara/Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, PANDEGLANG — Sejak dua tahun terakhir menjalankan transformasi BUMN secara konsolidasi membuahkan hasil maksimal dengan keuntungan mencapai Rp90 triliun.

“Laba keuntungan itu berdasarkan laporan keuangan BUMN,” kata Menteri BUMN Erick Thohir Erick Thohir saat halalbihalal bersama santri di Pondok Pesantren Mathlal’ul Anwar, sekaligus memperingati Milad ke-109 tahun di Menes, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat, Rabu (11/5/2022) seperti dilansir Antara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Erick menyebutkan keuntungan BUMN sebelumnya pada 2019 sebesar Rp13 triliun, namun kini berkat kerja keras semua jajaran BUMN sudah menembus Rp90 triliun.

Keuntungan BUMN sebesar itu tentu dikembalikan kepada negara untuk mendukung program – program pemerintah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Selama ini, kata Erick, BUMN-BUMN itu bekerja didasari dengan kinerja yang sehat juga berkarakter dengan mengutamakan akhlak. Sebab, kekayaan tanpa akhlak akan menimbulkan kerakusan juga kepintaran tanpa akhlak akan menimbulkan kedzaliman. Oleh karena itu, strategi BUMN bekerja dengan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Kolaboratif, Adaptif, dan Loyal).

Baca Juga: Erick Thohir & Teten Masduki Optimalkan Belanja BUMN untuk Produk UMKM

Erick juga mengatakan BUMN yang merupakan sepertiga dari kekuatan ekonomi Indonesia harus didasari pembangunan karakter. Saat ini, pihaknya telah menjalankan transformasi ke arah yang lebih baik.

“Setelah dua tahun bertransformasi kini BUMN banyak yang sehat hingga terbukti meraup keuntungan Rp90 triliun,” katanya.

Menurut dia, bagaimana untuk membangun kekuatan ekonomi umat kini menggabungkan Bank-Bank Syariah yang ada di BUMN, seperti BRI Syariah, Mandiri Syariah dan BNI Syariah dijadikan satu menjadi Bank besar Syariah. “Itu pertama kali dalam sejarah bagi republik ini, ” katanya menjelaskan.

Baca Juga: Tegas! Erick Thohir bakal Blacklist Mitra BUMN yang Nakal

Ia mengatakan, kali pertama dalam sejarah bahwa Indonesia memiliki Bank Syariah dan masuk menjadi bank terbesar nomor tujuh di Indonesia dengan aset total Rp360 triliun.

Karena itu, BUMN mendorong industri halal dan ekonomi keumatan. Begitu juga Bank Syariah Indonesia (BSI) dapat mendorong pesantren menjadi mercusuar peradaban untuk membangun ekonomi keumatan.

Selain itu juga BSI mendampingi pesantren-pesantren dan pendidikan dapat meningkatkan kapabilitas, sehingga mendorong ekonomi keumatan. Selama ini, ujar dia, Indonesia nomor satu di dunia umat Muslim, namun industri halal Indonesia kalah sama dengan Taiwan, Amerika Serikat, dan Brasil.

“Artinya, kita ada yang salah, sehingga perlu dibangkitkan ekonomi keumatan,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya