SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek, saat memberi sambutan seusai berlangsungnya acara gowes mengelilingi Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Minggu (25/9/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI — Sekitar 700 warga mengikuti gowes bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek, di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Minggu (25/9/2022) pagi. Rute gowes yang dilalui ratusan peserta kali ini menyusuri jalan perdesaan di Kecamatan Manyaran.

Gowes dimulai dari lapangan MTs Negeri Manyaran dan berakhir di lapangan Desa Bero, Kecamatan Manyaran. Jarak tempuh peserta gowes dibagi menjadi dua, yakni pesepeda profesional sepanjang 25 km dan pesepeda pemula sepanjang 12 km.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Seluruh desa di Kecamatan Manyaran disambangi. Biar Pak Jekek sekaligus bisa menyapa warganya secara langsung, lebih dekat. Tadi, ternyata masih ada warga yang belum mengetahui Pak Jekek itu orangnya yang mana. Setelah rombongan gowes melintas di depan rumahnya, orang itu baru tahu,” kata Ketua Panitia Gowes bersama Jekek, Roh Edy Wibowo, kepada Solopos.com, Minggu (25/9/2022).

Gowes berjarak belasan hingga puluhan km itu tak hanya diikuti warga se-Kecamatan Manyaran. Tapi juga komunitas pesepeda di luar kecamatan bahkan kota/kabupaten lain.

“Ada yang dari Gunungkidul, Pacitan, dan Sukoharjo. Saling mendukung saja sebetulnya. Jadi ketika mereka ada acara gowes, kami ikut meramaikan. Begitu pun sebaliknya,” imbuhnya.

Baca Juga: Bupati Jekek Wonogiri akan Gowes Akhir Pekan Ini, di Sini Startnya?

Selepas gowes, ratusan pesepeda dipersilakan beristirahat di area lapangan Desa Bero. Sembari beristirahat, peserta gowes disuguhi hiburan musik dan beragam hadiah bagi peserta gowes yang beruntung.

Guna mendukung rangkaian acara itu, Roh Edy menyebut dana yang dikeluarkan panitia senilai Rp17 juta. Dana itu belum termasuk bantuan dari sponsor.

“Ada juga dari warga sekitar [swadaya masyarakat]. Ada yang dari warga perantau ikut berkontribusi. Gotong royong,” katanya.

Baca Juga: Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyambut baik banyaknya peserta yang antusias bersepeda bersamanya. Lelaki yang akrab disapa Jekek itu berharap antusiasme itu menjadi wujud dukungan warga dalam memajukan Kabupaten Wonogiri.

“Semoga ini mencerminkan bersatunya warga dengan pemerintahan. Antusiasme ini mecerminkan kecintaan warga terhadap pemerintahnya. Ini adalah energi positif menuju Wonogiri yang maju, mandiri, dan sejahtera,” tutur Jekek dalam sambutannya seusai acara gowes di Manyaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya