[x] close
Berkah Ramadan, Omzet Perajin Kolang-Kaling di Madiun Naik Berlipat-Lipat
Solopos.com|jatim

Berkah Ramadan, Omzet Perajin Kolang-Kaling di Madiun Naik Berlipat-Lipat

Permintaan kolang-kaling selama Ramadan meningkat tiga kali lipat di Madiun.

Solopos.com, MADIUN -- Permintaan kolang-kaling di Madiun meningkat tinggi pada saat Bulan Ramadan 2021. Peningkatan permintaan itu pun menjadi berkah bagi para pengrajin kolang kaling di Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.

Salah satu pemilik rumah produksi kolang-kaling di Desa Padas, Sukar, 63, mengatakan biasanya dalam sekali produksi hanya sekitar satu kuintal saja. Tetapi selama Ramadan ini bisa memproduksi sekitar tiga kuintal.

“Rutin setiap Ramadan ada peningkatan permintaan. Banyak yang mencari kolang-kaling untuk kebutuhan buka puasa,” kata dia, akhir pekan lalu.

Baca Juga: 2 Pekan Ramadan, 83 Anak Tertangkap Main Petasan di Solo

Dia menuturkan setiap pagi harus mempersiapkan buah kolang-kaling mentah yang akan diolah. Sebelum diolah, buah kolang-kaling mentah dipisahkan dari batangnya. Selanjutnya buah kolang-kaling itu direbus di drum di atas api besar selama dua jam.

Setelah itu, baru kolang-kaling dikupas satu per satu. Kolang-kaling yang sudah terkupas kemudian direndam selama dua hari.

“Perendaman ini memakan waktu dua hari. Ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan getah yang ada di kolang-kaling,” jelas dia.

Sukar menyampaikan saat ini harga kolang-kaling bisa mencapai Rp20.000 per kilogram. Kolang-kaling produksi desa di Gunung Wilis ini dijual di berbagai pasar di Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.

Baca Juga: Cari Makanan Buka Puasa dan Kebutuhan Lebaran? Coba Mampir Ke Bazar Ramadan UMKM Wonogiri!



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago