SOLOPOS.COM - Foto "selfie" Obama. (news.com.au)

Solopos.com, JOHANNESBURG — Barack Obama kedapatan sedang asyik berfoto bersama dua pemimpin dunia lain saat acara mengenang Nelson Mandela digelar Rabu (11/12/2013). Kejadian ini kontan memicu reaksi keras dari publik.

Dilansir AFP, Rabu, seperti dikutip dari detik.com, pidato menyentuh yang disampaikan Obama dalam acara yang digelar di Stadion Soweto, Johannesburg, Afrika Selatan, seolah tidak lagi menarik untuk dibicarakan. Pasalnya sebuah foto candid salah satu wartawan luar negeri menunjukkan Obama malah asyik berfoto dengan dua pejabat dunia lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam foto itu terlihat Obama berpose “selfie” menggunakan telepon genggam bersama Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Shcmidt, dan Perdana Menteri Inggris, David Cameron. Ketiganya tampak tersenyum lebar. Bahkan Obama sempat terlihat membantu PM Denmark memegang telepon genggamnya.

Acara tersebut digelar untuk mengenang Mandela yang berpulang pada usia 95 tahun dan hal tersebut dianggap kurang pantas. Ibu Negara AS, Michelle Obama, duduk di sebelah kiri Obama dan tampak tidak tertarik untuk ikut berfoto. Pandangan mata Michelle terarah ke depan atau tepatnya ke podium di mana para pemimpin dunia sedang menyampaikan penghormatan terakhir kepada pahlawan antiapartheid tersebut.

Foto candid yang menunjukkan Obama asyik ber-selfie ini langsung menyebar luas di media sosial dan menuai beragam tanggapan. Namun kebanyakan mempertanyakan apakah aktivitas berfoto tersebut pantas dilakukan pada momen itu. “Seharusnya ada moratorium untuk ‘selfie‘ dalam acara mengenang dan pemakaman, bukan?” kicau seorang pengguna Twitter bernama @JeffryHalverson.

“Apakah Ini Selfie Paling Penting Tahun 2013?” demikian bunyi halaman utama situs berita AS, Buzzfeed, menyindir Obama. Media ini bahkan menekankan bahwa Michelle tampak tidak senang dengan kegiatan suaminya yang asyik berfoto di sebelahnya. Menanggapi hal ini, kantor PM Inggris dan kantor Presiden Obama menolak berkomentar. Juga belum ada tanggapan resmi dari kantor PM Denmark.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya