SOLOPOS.COM - Anggota Polsek Klaten Utara mengecek SMKN 1 Klaten menindaklanjuti pencurian uang siswa, Kamis (18/8/2022). (Istimewa/Polsek Klaten Utara)

Solopos com, KLATENPencuri di SMKN 1 Klaten yang beraksi saat upacara bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI diduga masuk melalui pagar belakang sekolah. Polisi hingga kini masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku.

“Iya, kejadiannya saat upacara. Jadi saat upacara itu seluruh tas di tinggal di kelas. Semua sedang konsentrasi upacara, ada kejadian itu,” kata Kapolsek Klaten Utara, AKP Sugeng Handoko, Kamis (18/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sugeng belum bisa memastikan cara pelaku masuk ke sekolah tersebut. Namun, dimungkinkan pelaku masuk ke sekolah setelah melompat pagar.

“Pagar belakang sekolah itu kan pendek. Dimungkinkan pelaku masuk lewat situ. Tidak ada pengrusakan. Dia [pelaku] masuk ke ruang kelas lewat pintu [tidak dikunci],” ungkap dia.

Sugeng menuturkan hingga kini ada 22 siswa yang dilaporkan kehilangan uang. Dia memastikan tak ada ponsel yang dilaporkan hilang. Nilai total uang yang dilaporkan sekitar Rp2,9 juta.

Baca Juga: Duh, Tas 22 Siswa SMKN 1 Klaten Diacak-Acak Maling saat Upacara HUT RI

Pencuri yang memasuki ruang kelas diperkirakan satu orang. Pelaku memasuki sejumlah ruang kelas dan mengacak-acak tas milik siswa.

Hingga kini petugas Polsek Klaten Utara masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Petugas juga bakal mengecek kamera closed circuit television (CCTV) yang terpasang di sekolah setempat.

“Semoga kami bisa segera menangkap pelaku. Imbauan kami, sekolah yang belum memasang kamera CCTV segera memasang kamera CCTV dan keamanan diperketat,” jelas dia.

Pelaku mengacak-acak tas di empat kelas lantai II SMKN 1 Klaten, Rabu (17/8/2022). Dari hasil pengecekan, ada 22 siswa yang uangnya hilang. Nilainya bervariasi dengan nilai total uang yang dicuri Rp2.920.000.

Baca Juga: Terkuak! Ini Motif Pencurian Bendera Merah Putih di Karangdowo Klaten

Aksi pencurian itu diunggah ke Facebook Info Cegatan Klaten (ICK). Dalam posting-an tersebut dijelaskan Aksi Pencurian Terekam Cctv di SMKN 1 Klaten. Kejadian kemarin Pagi (17/08) sekitar jam 07.00-08.00 wib. Sebanyak 6 Kelas Kehilangan Uang yang tersimpan di dalam Tas. Saat Para Murid Sedang Melaksanakan Upacara Peringatan Dirgahayu Republik Indonesia yg ke 77. Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Polsek Klaten Utara dan sudah diselidiki.

Unggahan itu disertai foto yang merupakan potongan rekaman kamera CCTV. Terlihat dalam foto itu seorang pria mengenakan jaket warna hitam, celana panjang, bersepatu, dan bermasker putih memasuki ruang kelas yang kosong saat siswa mengikuti upacara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya