Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

BERITA DUKA : Mantan Rektor UIN Suka, Zaini DahlanMeninggal di Usia 91 Tahun

SHARE
BERITA DUKA : Mantan Rektor UIN Suka, Zaini DahlanMeninggal di Usia 91 Tahun
SOLOPOS.COM - Prof. H. Zaini Dahlan, MA (Wikipedia)

Berita duka datang dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka).

Harianjogja.com, JOGJA — Mantan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), Prof. H. Zaini Dahlan, MA, 91, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, pada Sabtu (14/1/2017) dini hari pukul 01.55 WIB.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Jenazah disemayamkan di rumah duka di Jl. Sisingamaharaja, No. 98 Jogja. Rencana jenazah dimakamkan di pemakaman keluarga di Dusun Ngemplak Desa Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Pemberangkatan jenazah dilakukan pada pukul 13.00 WIB.

Dikutip dari Wikipedia, pria yang lahir di Temanggung, Karesidenan Kedu, Jawa Tengah pada 25 Desember 1926 ini melanjutkan pendidikan tinggi di Yogyakarta. Namun, saat jenjang doktoral, Zaini mendapat beasiswa ke Universitas Kairo dan memperdalam studi Sastra Arab.

Begitu pulang ke Indonesia, sekitar tahun 1961, Zaini mendapat berbagai tanggung jawab. Seperti bertugas di UIN Suka serta membantu pembukaan jurusan Sastra Arab di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM).

Namun perjalanannya tak mulus begitu saja. Paada 14 Februari 1964, pria ini pernah ditahan selama 3,5 bulan lantaran dituduh menggagalkan Games of New Emerging Forces (Ganefo). Selesai ditahan, tugas mengajar Zaini berpindah ke Jakarta lalu Cirebon.

Selain mengajar, pria ini diketahui juga pernah menjadi anggora DPRD Cirebon, Jawa Barat, lalu juga pernaah menjabat sebagai Kakanwil Agama Jawa Barat pada tahun 1973.

Tiga tahun kemudian, Zaini pulang ke Jogja dan bertugas sebagai Rektor UIN Suka kelima. Zaini menjalankan tugas ini selama dua periode atau 1976-1983. Setelah menyelesaikan tanggung jawab tersebut, Zaini juga pernah menjadi Rektor Universitas Islam Indonesia (UII).

Zaini menikah pada tahun 1961 dengan Lathifah. Dari pernikahan ini, keduanya memiliki empat anak, Luthfi Budi Ilmawan, Ova Emilia, Zaky Sulistiawan, dan Ismet Hariawan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode