SOLOPOS.COM - Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) membawa parang menebas dua unit mobil kawasan Gampong Aceh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (7/9/2020). (Instagram-@ndorobeii)

Solopos.com, Lhokseumawe — Seorang pria yang diduga orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ mengamuk sambil membawa sebilah parang di kawasan Gampong Aceh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam, Minggu (06/09/2020) sekitar pukul 13.00 WIB. Kejadian itu sontak membuat warga kocar-kacir menyelamatkan diri.

Keberingasan pria tersebut diketahui dari unggahan video Instagram @ndorobeiii. Pengunggahnya mengungkapkan bahwa orang gila tersebut diketahui berinisial BZ, 36, warga Pusong Baro, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, NAD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam video tersebut terlihat seorang pria tengah mengamuk dengan menebas sejumlah mobil yang sedang parkir dan di jalan dengan parang yang ia bawa.

Tulang Kerabat Jadi Alat Musik di Zaman Perunggu

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah puas merusak mobil di sebuah tempat parkir di Jl. Pase, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, NAD, pelaku sempat mengacak-acak area Warung Kopi QBO Kupi. Sontak warga yang tengah berada dilokasi tersebut ketakutan dan lari kocar-kacir

Menurut Mulyadi, salah satu saksi mata yang berada di tempat kejadian perkara, ia saat itu sedang menongkrong di Warung QBO Kupi. Tiba-tiba ia mendengar suara kaca yang pecah.

“Kami sedang ngopi, tiba-tiba terdengar seperti pecah kaca, semua orang terkejut karena melihat dia [pelaku] memegang parang, semua lari ke belakang, karena takut,” kata Mulyadi

Galaksi Mirip Tie Fighter dalam Star Wars Ditemukan

Tak berhenti sampai di situ, pelaku lalu berjalan menuju ke depan terminal dan merusak kaca depan sebuah mobil Toyota Avanza yang ternyata masih ada sopir di dalam. Menyadari kejadian itu, sang sopir langsung tancap gas, sempat dikejar tetapi mobil melaju kencang.

ne; width:100%;" target="_blank">

rmal; font-weight:550; line-height:18px;"> View this post on Instagram

px 0 0 0; padding:0 4px;"> rmal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none; word-wrap:break-word;" target="_blank">Nanggroe.net, Lhokseumawe Warga seputaran pusat Kota Lhokseumawe tepatnya di Jalan Pase, Kecamatan Banda Sakti dihebohkan dengan pria gangguan jiwa atau orang gila yang mengamuk dengan membawa sembilah parang pada Minggu (6/9). Orang gila berinisial BZ (36) warga Pusong Baro, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe mengamuk dengan menebas sejumlah mobil yang sedang parkir dan dijalan dengan sembilah parah yang dibawanya. Tak, hanya itu Pelaku juga sempat memasuki area warung kopi QBO depan pasar buah Lhokseumawe dengan mengacak barang-barang, sontak warga yang melihat aksi tersebut ketakutan. Kemudian, pelaku pun berhasil ditangkap warga dan Polsek Banda Sakti dipusat perkotaan tepatnya di jalan palapa setelah pelaku membuang parang yang dibawanya. Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, S,IK, melalui Kaposek Banda Sakti Iptu Irwansyah mengatakan, pelaku telah diamankan di Polsek Banda Sakti Lhokseumawe. “Pelaku yang diduga mengalami gangguan jiwa melakukan pengrusakan serta mengamuk di pusat kota Lhokseumawe dengan menggunakan senjata tajam berupa parang, dengan merusak 2 unit mobil,” katanya. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, Namun dua unit mobil hancur telah dirusak pelaku dengan parang yang dibawanya. “Berdasarkan keterangan keluarga dan pihak puskesmas Mon Geudong pelaku sudah beberapa kali di rawat di bagian gangguan jiwa RS. Cut Mutia Buket Rata,” imbuhnya. Saat ini, pelaku sudah diamankan Polsek Banda Sakti dan telah dipanggil pihak keluarga untuk diperiksa lebih lanjut.

px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;">A post shared by rmal; font-weight:normal; line-height:17px;" target="_blank"> 𝕹𝖉𝖔𝖗𝖔𝖇𝖊𝖎𝖎 (@ndorobeii) on

Keterangan Polisi

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto melalui Kaposek Banda Sakti Iptu Irwansyah mengatakan pelaku telah diamankan di Mapolsek Banda Sakti Lhokseumawe. Pelaku langsung ditangkap warga dan aparat Polsek Banda Sakti di pusat kota, tepatnya di Jl. Palapa, setelah pelaku membuang parang yang ia bawa.

Polisi menjelaskan bahwa pelaku perusakan dua unit mobil dengan parang di Lhokseumawe tersebut adalah ODGJ alias orang dengan gangguan jiwa. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun dua unit mobil hancur dirusak pelaku.

Taman Nasional Bwindi Uganda Kebanjiran Bayi Gorila Gunung

“Pelaku yang diduga mengalami gangguan jiwa melakukan pengrusakan serta mengamuk di pusat kota Lhokseumawe dengan menggunakan senjata tajam berupa parang, dengan merusak dua unit mobil,” katanya.

Berdasarkan keterangan pihak keluarga ODGJ itu dan puskesmas setempat, pelaku telah mendapat perawatan sebelumnya di RS Cut Mutia Buket Lhokseumawe. Saat ini, pelaku sudah diamankan Mapolsek Banda Sakti dan telah dipanggil pihak keluarga untuk diperiksa lebih lanjut.

“Berdasarkan keterangan keluarga dan pihak puskesmas Mon Geudong pelaku sudah beberapa kali dirawat di bagian gangguan jiwa RS Cut Mutia Buket Rata,” imbuhnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya