SOLOPOS.COM - Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. - Harian Jogja/Sunartono.

Solopos.com, JOGJA — Berbicara tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Di provinsi ini ada banyak tempat wisata yang bernuansa alam, budaya, belanja, wisata buatan, dan lainnya. Selain itu, ternyata ada juga destinasi wisata di DIY yang memiliki nuansa horor.

Berikut ini deretan tempat wisata bernuanasa horor di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  1. Kandang Menjangan

Tempat yang juga disebut Panggung Krapyak ini berada di Kampung Krapyak, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupayen Bantul. Bangunan bersejarah ini berbentuk ruangan menyerupai kubus. Pada masa Kasultanan Mataram, tempat ini digunakan oleh Raja-Raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang, khususnya rusa atau menjangan.

Tempat wisata ini juga dikenal dengan cerita mistisnya. Salah satu yang paling familier di telingan banyak orang adalah munculnya penampakan wanita yang tergantung di jendela.

Baca Juga: Terbukti Suap Eks Wali Kota Jogja,Direktur Perusahaan Divonis 2,5 Tahun Penjara

  1. Gereja Gotik Sayidan

Gereja Gotik Sayidan ini berada di kawasan Gondomanan, Kota Jogja. Bangunan gereja ini memiliki arsitektur yang khas, sehingga selalu menarik perhatian orang. Namun, bangunan gereja itu bagi sebagian orang kerap dianggap mistis karena sudah lama kosong dan memiliki ruang bawah tanah yang tidak terurus. Bangunan tersebut dimiliki Esther Widyo Wanandyo, istri dari R. Petrus Haryono, seorang perajian batik yang memiliki relasi dengan Keraton Jogja.

  1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg ini tentu sudah tidak asing bagi wisatawan. Lokasinya berada di kawasan Malioboro, Kota Jogja. Dikutip dari jogjakota.go.id, benteng yang mulai dibangun tahun 1760 itu merupakan benteng Belanda. Bangunan benteng tersebut rampung pada 1787 di bawah pimpinan Gubernur Johannes Sioeberg diresmikan menjadi benteng kompeni dengan nama Rustenburgh yang artinya tempat istirahat. Setelah mengalami perkembangan yang cukup pesat, pada 1867 di Jogja mengalami gempa bumi sehingga benteng tersebut memerlukan perbaikan. Setelah pemugaran oleh Daendels, nama benteng Rustenburgh diubah menjadi benteng Vredeburg yang artinya perdamaian.

Banyak orang yang mengatakan bahwa penampakan yang sering muncul adalah noni Belanda yang separuh badannya berbentuk kuda.

Baca Juga: Bus Berpenumpang 20 Orang Tabrak Truk di Bantul, 1 Meninggal & 2 Orang Terluka

  1. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo ini kerap dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Tidak heran jika kemudian pantai itu dikenal sebagai gerbang utama atau jalan menuju keraton gaib laut selatan, yaitu kerajaan Nyi Roro Kidul.

  1. Pesanggrahan Sarjanawiyata

Tempat ini berasa di kawasan Kaliurang. Dikutip dari Solopos.com, bangunan ini berupa rumah tua yang sudah tidak digunakan lagi. Lokasinya berada persis di samping kawasan wisata Kaliurang Goa Jepang.

Pesanggrahan Sarjanawiyata ini awalnya merupakan rumah megah sebelum ditinggalkan akibat erupsi Gunung Merapi. Sejak itu, banyak cerita mistis yang muncul mengenai rumah tersebut. Rumah itu kemudian menjadi inspirasi dibuatnya film Rumah Kaliurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya