SOLOPOS.COM - Universitas Ciputra di Surabaya. (Suara.com)

Solopos.com, SURABAYA — Kuliah di kampus perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi pilihan alternatif bagi sebagian orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Nah, di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ada beberapa kampus swasta yang bisa menjadi pilihan karena memiliki prestasi akademi yang mentereng.

Dikutip dari Suara.com, ada beberapa kampus perguruan tinggi swasta di Kota Surabaya juga memiliki kualitas dan fasilitas akademik yang tak kalah dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan berdasarkan Kemendikbudristek 2020, kampus-kampus ini menempati urutan teratas dalam daftar perguruan tinggi swasta favorit di Surabaya. Mana saja? Berikut daftar kampus perguruan tinggi swasta di Surabaya yang dianggap favorit.

Baca juga: Punya “Senjata” Rahasia, Wali Kota Risma Yakin Kampus Google Bisa Berdiri di Surabaya

1. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya didirikan pada 1966 oleh tokoh-tokoh penting di kalangan masyarakat, pendidik, pengusaha, dan pemerintah pada zamannya. Sebelumnya, namanya adalah Universitas Trisakti Surabaya. Saat ini namanya lebih dikenal dengan sebutan Ubaya.

Terdapat beragam jurusan yang bisa kamu pilih di universitas swasta terbaik di Surabaya ini. Antara lain, Farmasi, Hukum, Bisnis dan Ekonomika, Psikologi, Teknik, dan masih banyak lainnya. Selain program S1, ada juga program D3 di Politeknik Ubaya. Universitas Surabaya mendapatkan urutan ke-30 secara umum dan 15 pada klaster 2.

2. Universitas Kristen Petra

Universitas yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Petra Surabaya ini sudah ada sejak 1961. Tak hanya perguruan tinggi, Yayasan Pendidikan Petra juga membuka sekolah untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Universitas Kristen Petra memiliki delapan fakultas dengan berbagai program studi. Fakultas itu mulai dari Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Teknologi Industri, hingga Teknik Sipil dan Perencanaan. Kampus UKP juga sudah menerapkan teknologi dalam berbagai kegiatan mahasiswa sehingga berhasil menduduki posisi ke-4 versi penilai Kinerja Penelitian Dikti.

3. Universitas Katolik Widya Mandala

Universitas Katolik Widya Mandala juga masuk dalam daftar kampus tertua di Kota Surabaya. Universitas ini sudah berdiri sejak 1958. Gedung kampusnya tersebar di tiga lokasi di Kota Surabaya, yakni Jalan Dinoyo 42, Jalan Kalijudan 38, dan Jalan Dinoyo 48.

Baca juga: Daftar 100 Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics, Kampusmu Nomor Berapa? 

4. Universitas 17 Agustus 1945

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, atau yang kerap disingkat dengan nama Untag sudah berdiri sejak 1958. Universitas ini terletak di Jalan Semolowaru 45, dengan 6 fakultas. Sebanyak enam fakultas ini meliputi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Sastra.

5. Universitas Ciputra

Universitas yang satu ini mengedepankan nilai kewirausahaan. Dengan begitu, setiap ilmu dari jurusan yang diajarkan akan dikaitkan dengan dunia bisnis supaya para mahasiswa yang lulus bisa meniti karier profesional maupun menjadi pebisnis handal.

Ada beberapa fakultas yang bisa kamu pilih, seperti Fakultas Manajemen dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya