Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Berikut Catatan Menarik 4 Hari Perjalanan Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 memulai hari kelima ekspedisi dengan menempuh perjalanan dari Semarang ke Solo, Rabu (8/12/2021) pagi
SHARE
Berikut Catatan Menarik 4 Hari Perjalanan Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
SOLOPOS.COM - Solopos.com/Ponco Suseno Mobil Ekspedisi Ekonomi Digital di Kantor Indef Jakarta, Senin (6/12/2021). Di lokasi tersebut tim ekspedisi berbincang dengan salah seorang peneliti Indef Nur Komariah.

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SEMARANG – Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 sudah berlangsung selama empat hari, Sabtu-Selasa (4-7/12/2021). Hari ini, Rabu (5/12/2021) siap memulai perjalanan hari kelima ekspedisi dengan menempuh perjalanan dari Semarang ke Solo.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Namun, sebelum menuju ke Kota Bengawan, tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 akan me-review terlebih dahulu temuan menarik selama empat hari ekspedisi berlangsung.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Suspensi Mitsubishi Xpander Unggul di Tol

Sebagai informasi, Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group memperoleh dukungan penuh dari BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Ekspedisi sudah mengunjungi sejumlah kota yakni, Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Jakarta.

Di Kopeng, Salatiga, tim menemui sekelompok anak muda yang masih mau bergelut di sektor pertanian. Mereka tergabung dalam Kelompok Tani Citra Muda Getasan. Menariknya, mereka menerapkan digitalisasi dalam pemasaran hasil pertanian. Kami mengunjungi aktivitas produksi, panen hingga proses penjualan yang dilakukan anggota kelompok tani Citra Muda. Mereka menjual beragam produk sayuran organik yang dipanen di lahan pertanian seluas 10 hektare.

Aktivitas KT Citra Muda Getasan, Kopeng, Salatiga. KT Muda Citra Getasan sudah menerapkan digitalisasi dalam pemasaran hasil pertanian.

Ketua Kelompok Tani Citra Muda, Sofyan Adi Nugroho, mengatakan strategi pemasaran produk sayuran dilakukan secara online. Para petani milenial lebih memahami pemanfaatan teknologi informasi di sektor pertanian. “Kami membikin konten khusus di beragam platform media sosial. Khususnya foto di Instagram lebih visual sehingga menarik konsumen,” kata dia.

Hasilnya, konsumen tak hanya berasal dari wilayah Salatiga dan Semarang melainkan luar Jawa seperti Banjarmasin dan Balikpapan.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Di Semarang, tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 wawancara dengan tim XL Axiata dan mendapatkan informasi menarik. Tiga kota di Jateng dengan trafik Internet tertinggi ternyata ada di wilayah Pantura. Ketiganya adalah Brebes, Tegal, dan Kota Semarang.

Di Jakarta, tim Ekspedisi Ekonomi Digital mengunjungi layanan online jual beli emas milik Galeri24. Dari situ, tim ekspedisi memperoleh gambaran secara utuh bagaimana prosedur pelayanan penjualan emas secara online dan bagaimana Galeri24 memastikan pesanan online aman sampai ke tangan pelanggan.

UKM Sukses dengan Digitalisasi

Sebelum bertolak ke Solo, tim ekspedisi mengakhiri perjalanan di hari keempat di Semarang, Selasa (7/12/2021). Di Kota Atlas, tim ekspedisi mengakhiri perjalanan dengan mencicipi ayam goreng di Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti di Taman Kuliner Ventura, Jl. Ki Mangunsarkoro No. 15 Semarang, Selasa (7/12/2021) malam.

Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti merupakan warung ayam goreng yang sukses menerapkan ekonomi digital dengan merchant GoFood di Kota Atlas.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek for Central Java, Mulawarman, mengatakan capaian merchant yang sudah bergabung di GoFood mengalami kenaikan signifikan, yakni dari 500.000 akun menjadi 900.000 sejak Desember 2020. Pemesanan terbanyak via GoFood masih didominasi paket ayam (makanan).

Baca Juga: XL Prioritas Beri Diskon Akhir Tahun hingga 50%

“Ke depannya, kami akan berinvestasi di teknologi [otomatisasi fitur-fitur dan layanan] dan nonteknologi [pengembangan sumber daya manusia/SDM]. Kami akan terus menjembatani usaha mikro kecil menengah (UMKM) [agar terus berkembang ke depannya],” kata Mulawarman, saat ditemui Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Semarang, Selasa malam.

Perjalanan akan berlanjut ke Kota Bengawan, tim ekspedisi akan membahas tentang sistem pembelajaran jarak jauh di Universitas Terbuka Surakarta.

Selanjutnya, tim ekspedisi juga akan membahas layanan purnajual yang dimanfaatkan pelanggan di era digital di Artugo Solo. Terakhir, tim ekspedisi akan menjelajahi digitalisasi di BNI, yakni membahas kemudahan dan keunggulan yang diperoleh pengguna New BNI M-Banking.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode